Minggu, 28 April 24

Inclusive Business Summit 2023 Digelar, LPDB-KUMKM Hadirkan Mitra Koperasi di Sektor Unggulan

Inclusive Business Summit 2023 Digelar, LPDB-KUMKM Hadirkan Mitra Koperasi di Sektor Unggulan
* Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo menghadiri ajang The 6th ASEAN Inclusive Business (IB) Summit di The Mulia, Nusa Dua, Bali. (Foto: dok LPDB KUMKM)

Obsessionnews.com —- Kementerian Koperasi dan UKM melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) menghadirkan mitra koperasi sektor unggulan dalam ajang The 6th ASEAN Inclusive Business (IB) Summit dengan tema “Incentivise Businesses for Inclusive Growth”.

IB Summit ini akan berlangsung dari tanggal 23-25 Agustus 2023 yang berlokasi di The Mulia, Nusa Dua, Bali.

Ajang ini menjadi platform bagi para pemangku kepentingan dari berbagai sektor untuk berbagi wawasan, membangun jaringan, dan merangkul kolaborasi dalam menghadapi tantangan masa depan.

Dalam rangka memperkaya diskusi dan perspektif yang ditawarkan oleh IB Summit, LPDB-KUMKM menghadirkan dua mitra unggulannya, yaitu Koperasi Radha Krisna dari Bali dan Kopontren Al-Ittifaq dari Jawa Barat. Kedua mitra ini mewakili ekosistem koperasi yang saling terintegrasi antara hulu hingga hilir.

Koperasi Radha Krisna bergerak pada sektor UKM kerajinan tangan atau craft yang melibatkan ribuan pelaku UMKM sebagai anggotanya, dan menjadi offtaker sekaligus agregator yang memasarkan produk-produk UMKM melalui Krisna oleh-oleh Bali.

Kemudian, Kopontren Al-Ittifaq yang bergerak pada sektor pertanian yang merupakan salah satu sektor kunci dalam perekonomian nasional, Kopontren Al-Ittifaq melibatkan anggotanya sebagai petani dan menjadi offtaker sekaligus agregator yang memasarkan produk-produk pertanian yang disalurkan kepada modern market, hotel, restoran dan catering.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo mengatakan, Koperasi Radha Krisna merupakan koperasi yang telah mengukuhkan dirinya dalam ekosistem koperasi dan UKM craft.

“Dengan pengalaman yang mumpuni dan komitmen terhadap pemberdayaan ekonomi lokal, Koperasi Radha Krisna telah memberikan dukungan krusial bagi pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah melalui pembiayaan dana bergulir dari LPDB-KUMKM,” ujar Supomo dalam keterangannya.

Menurut Supomo, kehadiran koperasi ini di IB Summit diharapkan akan memberikan wawasan berharga tentang bagaimana koperasi dapat menjadi kekuatan penggerak dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Sementara itu, lanjut Supomo, dari sektor pertanian LPDB-KUMKM menghadirkan Kopontren Al-Ittifaq yang merupakan contoh sukses dalam sektor pertanian dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan perkembangan teknologi.

“Dengan fokus pada pertanian berkelanjutan dan inovasi agritech, Kopontren Al Ittifaq telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ketahanan pangan dan pembangunan pedesaan melalui komunitas Pondok Pesantren. Keberhasilan mereka dalam menggabungkan tradisi pesantren dengan teknologi modern adalah contoh inspiratif bagi sektor pertanian yang sedang berkembang di Indonesia,” terang Supomo.

Partisipasi LPDB-KUMKM bersama mitra-mitra ini dalam IB Summit Bali 2023 menunjukkan komitmen dalam merangsang kolaborasi lintas sektor untuk menciptakan peluang dan solusi bagi perkembangan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

IB Summit 2023 di Bali menjadi panggung yang penting bagi Indonesia sebagai tuan rumah dan negara-negara di Kawasan ASEAN untuk berbagi wawasan, pengalaman, dan menentukan langkah-langkah konkret dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Kawasan ASEAN yang harmoni dan berkelanjutan.

“Kami yakin bahwa inovasi, kemitraan, dan semangat wirausaha akan menjadi fondasi bagi masa depan yang lebih cerah,” tandas Supomo. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.