Sabtu, 27 April 24

IMR Norwegia Sebut Menteri Susi Pahlawan

IMR Norwegia Sebut Menteri Susi Pahlawan
* Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersama rombongan mengunjungi IMR di Bergen, Norwegia, Jumat (8/6/2018). (Dok: KKP)

Bergen, Obsessionnews.com – CEO Institute of Marine Research (IMR) Sissel Rogne mengatakan, kondisi perikanan Norwegia saat ini dalam kondisi baik. Namun, tak dapat dipungkiri, ancaman terhadap sumber daya alam akan berpengaruh langsung kepada industri perikanan Norwegia.

“Kita tidak punya waktu yang banyak. Ancaman terhadap sumber daya perikanan kita semakin nyata dan berada di depan mata, ” ungkap Sissel dalam siaran pers Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Minggu (10/6/2018).

Menurut Sissel, di sanalah peran penting IMR untuk menjaga keberlanjutan sumber daya perikanan Norwegia. Sissel juga mengapresiasi peranan  Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Susi Pudjiastuti yang telah menjaga keberlanjutan sumber daya perikanan melalui pemberantasan IUU fishing yang dilakukan secara konsisten.

“Ibu Susi adalah pahlawan kami,” puji Sissel.

Ungkapan Sissel terkait kunjungan kerja Susi bersama rombongan saat mengunjungi IMR di Bergen, Norwegia, Jumat (8/6). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memperkuat kerja sama Indonesia dan Norwegia dalam bidang penelitian kelautan dan perikanan.

Susi didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia KP (BRSDMKP) Sjarief Widjaja, dan Koordinator Staf Khusus Satgas 115 Mas Achmad Santosa. Menteri Susi juga bertemu Director Centre for Development  Cooperation in Fisheries (CDCF) Åsmund Bjordal.

IMR berharap kerja sama dengan KKP  dapat terus ditingkatkan. IMR juga menyampaikan keinginannya untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan Our Ocean Conference (OOC) 2018 yang akan dihelat di Bali pada 29 – 30 Oktober mendatang.

KKP juga menawarkan kerja sama pengembangan Pusat Litbang KP milik KKP di Bali. “Kami ingin mengajak IMR bekerja sama dalam mengembangkan Pusat Penelitian di Bali. Nantinya IMR dapat mempromosikan best practices-nya untuk pengelolaan perikanan berkelanjutan di Samudra Hindia dan Pasifik,” ujar Menteri Susi.

Pada kesempatan yang sama, rombongan KKP juga mendapat kesempatan mendengarkan paparan dari Direktorat Perikanan Norwegia yang disampaikan oleh Director Resource Management Aksel Eikemo. Menurutnya, Direktorat Perikanan Norwegia adalah pemilik, penjaga, dan pengawas kegiatan perikanan di perairan Norwegia, serta pemilik kewenangan penegakan hukum atas Illegal, Unreported dan Unregulated (IUU) fishing. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.