Rabu, 8 Mei 24

Hutan Jati Ditebang, Sebabkan Longsor di Subang

Hutan Jati Ditebang, Sebabkan Longsor di Subang

Subang, Obsessionnews.com – Akibat guyuran hujan lebat disertai angin kencang menyebabkan tanah longsor di Ranggawulung, Subang, Jawa Barat. Bencana alam itu merusak tembok penahan tebing sepanjang 12 meter.

Menurut Kepala Bidang Bina Marga Kab Subang, Andri Mulya Priatna peristiwa terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, Kamis (29/1/2015) selama hujan lebat mengguyur lokasi.

“Ini akibat guyuran hujan lebat dan air yang meresap ke tanah sehingga tanah menjadi labil dan membuat longsor,” jelasnya.

Akibat longsor tersebut membuat puing-puing tembok penahan tanah berserakan ke jalan sehingga menghalangi arus lalu-lintas yang menuju ke arah Kota Subang. Tidak ada korban jiwa atau kendaraan yang tertimpa.

Kebetulan lokasi sedang tidak ramai oleh kendaraan yang melintas.

Beberapa saat arus lalu-lintas sempat tersendat dan dilakukan rekayasa arus hanya menggunakan satu jalur.
Polisi Lalu-Lintas dari Polres Subang, langsung mengatur kelancaran arus kendaraan di lokasi longsor.

Penjelasan lain disampaikan oleh Kepala Seksi Pertamanan, Oke Rosgana bahwa penyebab longsor diduga penyebab kurangnya penahan berupa pepohonan di atasnya. Ditambah hujan yang deras dengan tiupan angin cukup kuat.

“Kalau dulu ada beberapa pohon jati di atas lokasi itu yang melindungi ketahanan tanah. Sayangnya sekarang sudah pada gundul, sehingga menimbulkan longsor,” ujarnya sambil menujuk lokasi bagian atas lokasi longsor.

Lebatnya hujan juga menyebabkan beberapa lokasi terlanda banjir di Komplek Perumahan Surya Cigadung Subang,puluhan rumah tergenang air setinggi pinggang orang dewasa. Warga banyak mengungsi ke lokasi yang lebih aman, diantaranya ke tetangga yang berlantai dua.

Begitu pula dengan dengan daerah di Kelurahan Sukamelang Subang juga tergenang air akibat dari luapan air yang tidak tertampung oleh drainase atau saluran air.(Teddy Widara)

Related posts