Selasa, 2 Maret 21

Haji Perteguh Nilai Kemanusiaan

Haji Perteguh Nilai Kemanusiaan
* Bincang Santai Pesan-pesan Arafah dengan narasumber Amirul Hajj Dadang Kahmad (PP Muhammadiyah) dan Masduki Baidlowi (Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi) di Kantor Daerah Kerja (Daker) Makkah Al Mabrur, Kamis (16/8/2018) malam waktu Saudi. (Foto: Kemenag)

Makkah – Ibadah haji di Tanah Suci diharapkan mampu memperteguh nilai-nilai kemanusiaan. Sebab, haji tidak hanya membangun dan merawat habluminallah (hubungan kepada Allah) namun juga seyogianya dapat memperkokoh habluminannnas (hubungan sesama manusia).

Hal ini mengemuka saat Bincang Santai Pesan-pesan Arafah dengan narasumber Amirul Hajj Dadang Kahmad (PP Muhammadiyah) dan Masduki Baidlowi (Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi). Acara yang dipandu Kabiro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag) Mastuki ini digelar di Kantor Daker Makkah ‘Al Mabrur’, Kamis (16/8/2018) malam waktu Saudi.

Dikutip Obsessionnewsw.com dari situs Kemenag, Sabtu (18/8), dalam kesempatan tersebut Dadang mengemukakan, hanya ibadah haji sajalah yang mampu mengumpulkan jutaan orang dengan beraneka warna kulit dan bahasa yang semuanya dapat saling memahami satu sama lain. Pengertian antarjemaah dari seluruh dunia itu diharapkan dapat menumbuhkan spirit kemanusiaan.

“Apa guna kita ibadah khusyuk tapi kanan kiri kita kelaparan?” katanya.

Menurut Dadang, Arafah adalah kontemplasi yang akan mendekatkan diri kepada Allah.

“Kontemplasi akan melahirkan kesadaran dari mana, sedang apa dan akan ke mana tiap dari kita,” ujarnya.

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.