Senin, 30 Maret 20

Gerhana Matahari Sore Nanti, Umat Islam Diimbau Laksanakan Shalat Kusuf

Gerhana Matahari Sore Nanti, Umat Islam Diimbau Laksanakan Shalat Kusuf

Jakarta, Obsessionnews.com – Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama dalam rilisnya mengimbau umat Islam yang daerahnya mengalami gerhana matahari untuk melaksanakan Shalat Sunnah Gerhana Matahari atau Salat Kusuf.

Imbauan tersebut dikeluarkan seiring adanya informasi tentang kemungkinan Gerhana Matahari Sebagian yang akan terlihat di sejumlah wilayah Indonesia pada Kamis sore (1/9/2106).

Pelaksanaan Shalat Gerhana menyesuaikan waktu gerhana matahari di wilayah masing-masing. Salat Kusuf atau Salat Gerhana Matahari dilakukan dua rakaat dengan tata cara, Berniat shalat gerhana, Takbiratul ihram seperti shalat biasa, Membaca doa iftitah, surah Al-Fatihah dan surah yang panjang kemudian Ruku dilanjutkan Itidal.

Setelah itidal, tidak langsung sujud namun dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dan Surah yang panjang, (berdiri yang kedua bacaan surah lebih singkat dari pertama). Ruku kedua yang panjangnya lebih pendek dari ruku sebelumnya, I’tidal, Sujud dan duduk antara dua sujud kemudian sujud kembali.

Bangkit dari sujud lalu mengerjakan rakaat kedua sebagaimana rakaat pertama (bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya, kemudian Tasyahud dan diakhiri Salam.

Setelah salat, imam menyampaikan khutbah kepada para jamaah yang berisi anjuran untuk berzikir, beristighfar, berdoa dan bersedekah serta menganjurkan amal-amal baik lainnya.

Fenomena alam gerhana matahari ini bersamaan dengan pelaksanaan rukyatul hilal, untuk pelaksanaan sidang itsbat penentuan awal Bulan Dzulhijjah 1437 H. Gerhana dapat diamati dari 124 kota dan kabupaten di 10 provinsi.

Ke sepuluh provinsi itu adalah Sumatra Barat bagian Selatan, Bengkulu, Sumatra Selatan bagian Tenggara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian Barat.

Berdasarkan data astronomis pada Subdit Hisab dan Rukyat Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, waktu gerhana untuk daerah-daerah tersebut di antaranya, Yogyakarta mulai pukul 17:26:56 WIB, dan saat matahari terbenam dalam keadaan gerhana pada pukul 17:35 WIB.

Semarang gerhana mulai pukul 17:29 WIB dan saat matahari terbenam dalam keadaan gerhana pada pukul 17:35 WIB. Bandung mulai pukul 17:28 WIB dan saat matahari terbenam dalam keadaan gerhana pukul 17:47 WIB.

Jakarta mulai pukul 17:30 WIB dan saat matahari terbenam dalam keadaan gerhana pada pukul 17:50 WIB. Serang mulai pukul 17:29 WIB dan saat matahari terbenam dalam keadaan gerhana pukul 17:53 WIB.

Bandar Lampung mulai gerhana pukul 17:32 WIB, pertengahan gerhana pukul 17:54 WIB dan pada saat terbenam gerhana berakhir pukul 17:57 WIB dan Bengkulu mulai gerhana pukul 17:38 WIB, pertengahan gerhana pukul 17:53 WIB dan gerhana berakhir pukul 18:08 WIB. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.