Senin, 1 Juni 20

Amati Gerhana Matahari, Masyarakat Diimbau Gunakan Pengaman

Amati Gerhana Matahari, Masyarakat Diimbau Gunakan Pengaman

Jakarta, Obsessionnews.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  menginformasikan, gerhana matahari sebagian diperkirakan akan melintasi sejumlah wilayah di Indonesia pada hari ini, Kamis (1/9/2016). Gerhana dapat diamati dari 124 kota dan kabupaten di 10 provinsi.

Ke sepuluh provinsi itu adalah Sumatra Barat bagian Selatan, Bengkulu, Sumatra Selatan bagian Tenggara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian Barat.

“Gerhana dapat diamati dengan syarat kondisi cuaca cerah. Apalagi terjadinya menjelang malam jadi sangat rawan tertutup awan,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu, Sudiyanto, Rabu (31/8/2016).

Khusus untuk Bengkulu, gerhana matahari teramati hampir dari seluruh wilayah Bengkulu antara lain Argamakmur, Karang Tinggi, Kota Bengkulu, Manna, Curup, dan Kepahiang.

Masyarakat yang ingin mengamati gerhana diimbau untuk menggunakan alat pengaman berupa kacamata hitam atau perangkat lain. Tujuannya untuk melindungi mata dari dampak buruk kontak langsung dengan matahari. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.