Sabtu, 27 April 24

Nilai Transaksi Indonesia di CIIE Sebesar US$4,74 Miliar

Nilai Transaksi Indonesia di CIIE Sebesar US$4,74 Miliar
* Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto: Twitter @Kemendag)

 

Jakarta, Obsessionnews.com – Nilai transaksi dari partisipasi Indonesia pada China International Import Expo (CIIE) yang berlangsung 5-10 November 2018 di Shanghai sebesar US$4,74 miliar.

Hal itu diungkapkan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melalui keterangan pers, Sabtu (17/11/2018).

Pria yang karib disapa Enggar ini menuturkan, hal itu menunjukkan peningkatan potensi dan perluasan pasar ekspor ke Tiongkok semakin terbuka lebar.

“Ini merupakan bukti awal kalau produk Indonesia berpotensi menarik lebih banyak lagi konsumen Tiongkok. Saya yakin ini baru awal karena akan terbuka potensi-potensi kerja sama lagi ke depannya,” ujarnya.

Produk-produk unggulan yang sukses menarik minat importir Tiongkok yaitu margarin, batu bara, plastik, biji kopi, sarang burung walet, kelapa sawit dan turunannya berupa fatty acid oleo serta oleo chemical. Selain itu juga ada potensi kerja sama di sektor perdagangan elektronik.

“Kami selalu mengupayakan agar di setiap kunjungan kerja, perwakilan Pemerintah Indonesia tidak hanya bertemu dengan pejabat di negara tujuan, tetapi juga dengan pengusahanya. Untuk itu, kami adakan forum bisnis. Kami bersyukur di Shanghai pesertanya membludak,” kata Enggar.

Forum Bisnis Indonesia-Tiongkok dan “business matching” yang diinisiasi Kemendag RI bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang diadakan di sela-sela CIIE sukses menarik banyak pengusaha asal Tiongkok Dari sekitar 300 peserta yang hadir, sebanyak 190 peserta merupakan mitra asal Tiongkok dan 130 peserta berasal dari 54 perusahaan/instansi Indonesia. (Red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.