Minggu, 28 April 24

Dukung Program Pendidikan Kepramukaan Kementerian PUPR Rehabilitasi Bumi Perkemahan Cibubur

Dukung Program Pendidikan Kepramukaan Kementerian PUPR Rehabilitasi Bumi Perkemahan Cibubur
* Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut mendukung program pendidikan kepramukaan melalui pembangunan infrastruktur, salah satunya dengan merehabilitasi sarana dan prasarana Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur di DKI Jakarta. (Foto: Kementerian PUPR)

Obsessionnews.com – Peringatan Hari Pramuka Nasional 14 Agustus 2022 menjadi momentum dalam pembangunan dan pengembangan pendidikan kepramukaan guna mendukung penguatan karakter SDM unggul.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut mendukung program pendidikan kepramukaan melalui pembangunan infrastruktur, salah satunya dengan merehabilitasi sarana dan prasarana Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur di DKI Jakarta. Buperta Cibubur merupakan pusat kegiatan kepramukaan dengan luas sekitar 230 hektare sekaligus sebagai lokasi pelaksanaan Jambore Nasional pertama di Indonesia pada tahun 1973.

Baca juga: Kementerian PUPR Terima 1.626 Kubik Kayu dari KLHK untuk Penyelenggaraan KTT G-20

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kebijakan pemerintah saat ini tetap fokus pada pembangunan infrastruktur, sebagai langkah yang ditempuh untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kami ditugaskan melanjutkan pembangunan prasarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas SDM. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik,” kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/8/2022).

Rehabilitasi Buperta Cibubur mulai dikerjakan sejak terbit Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) tertanggal 29 Juni 2022 dengan waktu pelaksanaan 90 hari kerja atau hingga 26 September 2022. Pekerjaan rehabilitasi meliputi area kemah putri (kempi) 1 dan kemah putra (kempa) 1 (pendopo, pondok pembina, 5 unit toilet), area kempi 2 dan kempa 2 (pendopo, pondok pembina, 5 unit toilet), area kempi 3 dan kempa 3 (pendopo, pondok pembina, 5 unit toilet) serta bangunan VVIP Tri Satya, Aula Cemara, drainase, rumah pompa, reservoir, dan panel listrik. Berdasarkan data e-monitoring Kementerian PUPR per 19 Agustus 2022, progres fisik rehabilitasi Buperta Cibubur mencapai 62.454%.

Baca juga: Kementerian PUPR Salurkan Rp 3M untuk Paket Bantuan Sembako ke Berbagai Daerah

Pekerjaan fisik rehabilitasi dilaksanakan oleh PT Rembiga Indah dengan anggaran APBN senilai Rp15,6 miliar dan PT Terasis Erojaya selaku manajemen konsultan dengan nilai kontrak Rp706,2 juta. Rehabilitasi Buperta Cibubur mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah di bawah tanggungjawab Direktorat Prasarana Strategis, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR dengan pelaksana di lapangan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jakarta Metropolitan. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.