Sabtu, 27 April 24

Didukung Menkop, Warteg Siap Go Internasional

Didukung Menkop, Warteg Siap Go Internasional
* Menkop Puspayoga di di salah satu warteg di kawasan Jalan Sabang, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2016).

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menyatakan dukungannya bagi Koperasi Warung Tegal (Kowarteg) DKI Jakarta yang berencana membuka warungnya di mancanegara.

Pernyataan itu diungkap Menkop Puspayoga saat berdialog dengan Ketua Umum Kowarteg H.R.S Sastoro beserta jajaran pengurusnya, di salah satu warteg di kawasan Jalan Sabang, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2016).

“Saya pikir warteg sudah terkenal di mana-mana dan memiliki brand yang kuat. Maka, sudah sewajarnya bila warteg membuka cabangnya hingga ke mancanegara‎,” ungkap Menkop.

Acara dialog yang dihadiri juga Dirut Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Kemenkop dan UKM Ahmad Zabadi itu‎, Puspayoga menyarankan agar Kowarteg membuka cabang di Malaysia sebagai langkah awal, karena potensinya amat besar.

“Dengan branding warteg yang kuat, ditambah banyak orang Indonesia di Malaysia, saya yakin warteg akan sukses di sana. Saya siap membantu membukakan link ke sana, agar warteg bisa segera buka cabang di Malaysia,” Menkop.

Apalagi, lanjut Puspayoga, kini warteg sudah memiliki badan hukum sebagai koperasi. Maka, langkahnya ke depan akan lebih mudah, terkait soal ijin usahanya.

“Saya sudah sering berkeliling ke warteg-warteg dan menanyakan perihal manfaat kredit usaha rakyat (KUR). Sudah banyak juga warteg yang memanfaatkan KUR Rp25 juta untuk membuka cabang warung baru,” kata Puspayoga.

Dalam kesempatan itu, Ketum Kowarteg Sastoro menjelaskan bahwa pendirian koperasi itu tidak semata untuk berbisnis. Melainkan lebih kepada pengayoman dan perlindungan para pelaku usaha warteg di Jakarta. Bahkan, dengan berkoperasi, eksistensi warteg menjadi semakin tegas dan jelas.

‎”Misalnya, ketika zaman Gubernur Jakarta Fauzi Bowo akan menerapkan pajak 10 persen untuk warteg di Jakarta, kami protes keras. Usaha kami berhasil hingga kebijakan itu batal diterapkan. Itulah salah satu fungsi Kowarteg,” Sastoro.

Terkait rencana buka cabang di Malaysia, Sastoro yang mantan anggota DPR RI periode 1999-2004 menambahkan bahwa selain Malaysia, Kowarteg ‎yang berdiri sejak 1982 dan beranggotakan 20 ribuan pengusaha warteg itu juga akan membuka cabang di Hongkong (kawasan Victoria) dan Melbourne, Australia.

“Di Malaysia kita akan buka di daerah Kuala Lumpur, Johor, dan Penang. Kita juga sudah survei di Hongkong dan Melbourne. Semua rencana itu tinggal realisasi saja,” pungkas dia.

Acara dialog Menkop dengan pengurus Kowarteg ini berlangsung dalam suasana santai, dibarengi dengan acara makan siang bersama. Pola komunikasi seperti ini dilakukan Menkop guna menjaring aspirasi sekaligus ingin mengetahui permasalahan yang dialami pelaku UKM. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.