Sabtu, 27 April 24

Bung Karno dan Bung Hatta Lebih Samurai dari Samurai

Bung Karno dan Bung Hatta Lebih Samurai dari Samurai
* Bung Karno dan Bung Hatta.

Tangan Tuhan Kembali Bekerja

Sesudah proklamasi kemerdekaan, tangan Tuhan kembali bekerja.

Sebelum Jepang menyerah kalah, Amerika Serikat dan Inggris telah membagi-bagi daerah kekuasaan sesuai dengan keadaan sebelum perang.

Berdasarkan keadaan sebelum perang, Indonesia berada dalam kekuasaan Amerika. Akan tetapi, pada saat-saat terakhir, melalui Konferensi Postdam, 24 Juli 1945, kondisi itu diubah.

Panglima Pasukan Amerika Serikat, Jenderal Mc Arthur, yang diberi tugas untuk memberi pukulan terakhir kepada Jepang, tidak mau diganggu oleh urusan lain. Mc Arthur ingin berkonsentrasi penuh menghancurkan Jepang. Dengan alasan itu, Amerika Serikat menyerahkan penguasaan Indonesia kepada Inggris.

Oleh karena kekurangan pasukan untuk menduduki daerah yang luas, kesulitan alat transportasi, ditambah waktu pengalihan yang mendadak, tentara Inggris baru tiba di Indonesia satu bulan sesudah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Ketika mendarat di Tanjung Priok pada 19 September 1945, Inggris baru mampu membawa satu batalyon tentara. Sepuluh hari kemudian barulah tiga divisi tentara Sekutu mendarat di Jakarta, Semarang, dan Surabaya.

Pages: 1 2 3 4 5 6

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.