Kamis, 2 Mei 24

Boros, Jokowi Pangkas Rp16 Triliun Biaya Perjalanan Dinas Kementerian

Boros, Jokowi Pangkas Rp16 Triliun Biaya Perjalanan Dinas Kementerian

Bogor – Presiden Jokowi meminta Kementerian Keuangan untuk memangkas anggaran perjalanan dinas dan rapat Kementerian/Lembaga. Pemotongan biaya perjalanan dinas para birokrat itu karena menganggapnya sebagai pemborosan.

“Saya sampaikan ke menteri bahwa anggaran 2015 itu yang kira-kira bisa dipotong karena tidak terlalu efisien. Contohnya untuk anggaran perjalanan dinas dan rapat-rapat itu,” ujar Jokowi Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, (24/11/2014).

Tercatat anggaran perjalanan dinas Kementerian/Lembaga dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) tahun 2014 yaitu sebesar Rp 41 triliun. Untuk APBN-P tahun 2015, rencananya Jokowi akan memangkas hingga Rp 16 triliun.

Dengan begitu, anggaran perjalanan dinas dalam APBN-P 2015 hanya sebesar Rp 25 triliun. “Sampai sekarang yang kita lihat perjalanan dinas hanya Rp 22 triliun, sehingga Rp 25 triliun lebih dari cukup,” papar Jokowi.

Presiden ke-tujuh RI akan melakukan penghematan besar-besaran pada anggaran perjalanan dinas. Menurut presiden, anggaran lebihnya sebesar Rp 16 triliun akan diberikan ke pemerintah provinsi.

“Dipotong saja biar efisien, sehingga sisanya Rp 16 triliun bisa kita bicarakan dengan gubernur untuk kerjakan program apa saja,” ucap presiden. (Has)

 

Related posts