Jumat, 26 April 24

Besok, 108.000 Buruh Gelar Aksi di Jateng

Besok, 108.000 Buruh Gelar Aksi di Jateng

Semarang, Obsessionnews ­– Ratusan ribu buruh dikabarkan akan menggelar aksi damai secara serentak di 27 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah guna memperingati Hari Buruh Sedunia atau May Day, Minggu (1/5/2016) besok.

“Tahun ini hanya delapan daerah yang tidak ikut perayaan Hari Buruh. Sedangkan 27 daerah lainnya menggelar aksi-aksi damai secara serentak pada besok pagi,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jawa Tengah, Wika Bintang, Sabtu (30/4/2016).

Rata-rata per Kabupaten/Kota terdapat 4.000 pekerja yang menggelar aksi dimana tiap perusahaan mengirimkan 20 pekerjanya sebagai perwakilan. Sehingga, total keseluruhan kurang lebih 108.000 buruh akan turun ke jalanan besok pagi.

Long March buruh dinilai Wika sebagai langkah tepat mengingat Hari Buruh jatuh bertepatan di hari libur akhir pekan. Sesuai instruksi Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakirri yang diteruskan oleh SK Gubernur Jateng, serikat buruh diminta mengggelar aksi damai secara tertib tanpa mengganggu ketenangan warga.

“Liburan akhir pekan sebaiknya dipakai untuk kegiatan-kegiatan yang membahagiaan para buruh,” ujar Wika.

Perayaan Hari Buruh di Jawa Tengah sudah ketiga kali. Di tahun pertama, buruh masih mendominasi aksi unjuk rasa besar-besaran di depan kantor Gubernur Ganjar Pranowo. Tahun kedua, aksi buruh mulai tertib. Lalu di tahun ketiga, pihaknya menghimbau buruh menggelar aksi skala kecil di tiap daerah saja. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.