Sabtu, 27 April 24

Bulan Kesehatan Gigi Nasional Digelar di Unsoed

Bulan Kesehatan Gigi Nasional Digelar di Unsoed

Purwokerto – Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2018 digelar di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, oleh Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unsoed, Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Unilever khususnya Pepsodent.

“Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Indonesia,” kata Koordinator Sistem Informasi Unsoed, Ir Alief Einstein M.Hum, Rabu (24/10/2019).

Kegiatan ini juga sebagai rangkaian kegiatan Dies Natalis Unsoed. BKGN 2018 diselenggarakan oleh 23 FKG se-Indonesia bekerjasama dengan 40 PDGI Cabang dengan mengusung tema “Lindungi Kesehatan Keluarga dari Resiko Gula Tersembunyi”.

BKGN 2018 di UNSOED dilaksanakan pada 22 – 24 Oktober 2018 di Gedung RSGMP Unsoed. “Kegiatan ini terdiri dari kegiatan pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut,” jelas Direktur RSGMP Unsoed, drg Arwita Mulyawati MH.Kes.

Khusus kegiatan Donor darah hanya dilaksanakan pada Senin (22/10/2018). Data terakhir, jumlah pasien yang hadiri Kegiatan Pemeriksaan dan Perawatan Gigi Gratis adalah 1.400 orang.

Jenis Perawatan gigi yang diberikan adalah penambalan sederhana dengan bahan tambal yang sewarna dengan gigi, pencabutan gigi baik gigi susu maupun gigi permanen, pembersihan karang gigi, pemberian topical aplikasi fluoride, dan fissure sealant.

Pasien yang mengikuti kegiatan tersebut hanya diberikan kesempatan mendapatkan perawatan sebanyak 1 kali, hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mendapatkan hak perawatan yang sama.

Menurut Arwita, pendaftaran dilayani sekitar 400 pasien per hari . Hal tersebut kami lakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar pasien bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal.

Tenaga medis yang terlibat berasal dari dokter PDGI Cabang Banyumas dan dokter gigi alumni Unsoed yang sudah tersebar di Indonesia. Total dokter gigi yang mengikuti kegiatan tersebut adalah 150 dokter gigi.

Selain kegiatan pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulutgratis, ada kegiatan lain berupa penyuluhan dan sikat gigi bersama dengan sekolah-sekolah yang kami undang dalam kegiatan ini ada 12 sekolah, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini, TK dan SD.

Ketua Panitia BKGN 2018, drg. Fadli Ashar menegaskan, BKGN adalah wujud komitmen peningkatan kualitas derajat kesehatan gigi di Banyumas dan sekitarnya. BKGN 2018 yang dilaksanakan pada 22-24 Oktober 2018 mengambil tema “Merdeka dari Gigi Berlubang – Dekatkan Impian.”

Selama tiga hari, BKGN akan memberikan jenis layanan berupa perawatan dan pencabutan gigi sederhana, penambalan serta pembersihan karang gigi dan penyecegahan gigi berlubang secara gratis.

Pelaksanaan BKGN 2018 menargetkan pelayanan terhadap 1000 pasien yang akan ditangani oleh tenaga medis hasil kerjasama dengan PDGI Banyumas serta alumni Jurusan Kedokteran Gigi UNSOED dengan total 123 tenaga medis.

Asisten Area Manajer Purwokert PT Unilever Indonesia, Reza Vahlevi memaparkan, BKGN kini telah memasuki tahun ke-9 sejak pelaksanaan pertama pada tahun 2010. Unilever melalui BKGN terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan sekaligus mengedukasi masyarakat Banyumas dan sekitarnya tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Wakil Rektor Unsoed Bidang Perencanaan, Sistem Informasi dan Humas, Dr Ir V. Prihananto, dalam sambutannya berharap melalui aksi sosial ini tidak hanya menyelenggarakan kegiatan yang sifatnya kuratif, melainkan juga dapat mengedukasi masyarakat, baik yang sifatnya promotif maupun preventif.

“Dengan demikian, akan semakin meningkatkan pemahaman tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut di masyarakat,” tuturnya. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.