Selasa, 10 Desember 19

Bawaslu Bontang Tertibkan APK yang Dipasang Sembarangan

Bawaslu Bontang Tertibkan APK yang Dipasang Sembarangan
* Alat Peraga Kampanye. (foto: INDOelection.com)

Bontang, Obsessionnews.com – Masa kampanye dalam Pilpres dan Pileg 2019 memang tengah berjalan.  alat peraga kampanye (APK) juga telah terpasang, baik di kota maupun di desa-desa. Namun pemasangan APK tersebut ada aturannya, tidak dipasang di sembarangan tempat. Hal itu diatur melalui Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 23 Tahun 2018.

Baru-baru ini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bontang, Kalimantan Timur,  menertibkan ratusan APK yang melanggar aturan di sejumlah ruas jalan protokol, Selasa (26/3/2019). Sejumlah alat peraga yang dipasang di trotoar, median jalan, di badan parit, lokasi yang dilarang, serta rumah ibadah dijaring petugas. Tim gabungan dari Bawaslu dan Satpol PP, serta polisi dilibatkan dalam kegiatan ini.

 

Baca juga:

Minim Informasi Pelaksanaan Pilpres Pengaruhi Golput

Ulama Perjuangkan Jokowi-Ma’ruf Menang Pilpres 2019

Memprihatinkan! Hoax Digunakan untuk Menangkan Pilpres 2019

 

Sebelumnya Bawaslu Kota Bontang sudah melayangkan surat ke partai politik agar menurunkan sendiri APK yang terpasang di daerah terlarang tersebut. Namun hal itu tidak diindahkan.

“Sampai dengan tenggat waktu yang ditentukan mereka tak menindaklanjuti maka hari ini kami turunkan,” ujar Komisioner Bawaslu Bontang Agus Susanto kepad wartawan di sela-sela penertiban APK.

Dia mengatakan, sejatinya hampir seluruh alat peraga yang terpasang melanggar aturan. Mereka tak mematuhi regulasi terkait ukuran alat peraga, desain serta titik-titik pemasangan.

Sesuai aturan, alat peraga yang dipasang dilakukan oleh Parpol. Mereka yang berhak memasang alat peraga di titik-titik yang telah ditentukan. Tetapi, mayoritas alat peraga dipasang sendiri oleh para Calon Legislatif (Caleg) tanpa mengindahkan estetika, dan fasilitas umum.

“Kami tidak tertib kan seluruhnya, fokus kami hanya yang dipasang di titik-titik dilarang seperti tiang listrik, di pohon, jalan-jalan protokol yang mengganggu estetika dan fasilitas umum,” katanya.

Untuk diketahui, penertiban dilakukan serentak di tiga kecamatan Bontang. Tim gabungan dari tiga instansi dibagi per kelompok wilayah.

Alat peraga yang dipasang di atas median jalan, trotoar serta badan parit ditertibkan. Kebanyakan bendera-bendera parpol dan poster-poster caleg ditertibkan petugas. Alat peraga ini kemudian diamankan ke Kantor Bawaslu, jalan S Parman, Kelurahan Telihan, Kecamatan Bontang Barat.

Penertiban ini bakal dilakukan secara bertahap, hingga masa tenang. Surat imbauan ke peserta pemilu bakal terus disampaikan, setelah itu pihak Bawaslu bakal menertibkan alat peraga yang melanggar. (Poy)

 

Baca juga: 

Kasus Rommy Ujian Terberat PPP Jelang Pilpres dan Pileg

‘Rugi Kalau Kita Tak Rukun Karena Pilpres dan Pileg’

Dukungan Pileg 2019 PDIP Kuasai Jakarta, Gerindra Jabar

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.