Selasa, 26 Januari 21

Dukungan Pileg 2019 PDIP Kuasai Jakarta, Gerindra Jabar

Dukungan Pileg 2019 PDIP Kuasai Jakarta, Gerindra Jabar
* Peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfaraby. (foto: Kapoy/OMG)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 tinggal di ambang pintu. Setiap Partai Politik pun telah mempersiapkan strategi untuk meraih dukungan masyarakat dalam Pileg tersebut.

Peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfaraby memaparkan hasil temuan surveinya di beberapa provinsi, yakni DKI Jakarta dan Jawa Barat (Jabar).

Dari hasil survei tersebut PDIP menjadi partai teratas di DKI Jakarta yang memiliki jumlah pemilih sekitar 7 juta dengan perolehan dukungan dari masyarakat sebanyak 23,1 persen.

“Di DKI Jakarta hasil survei kami partai yang menduduki urutan pertama yaitu PDIP sebanyak 23,1 persen, sedangkan Gerindra 17,1 persen berada di urutan kedua,” ujar Adjie di Kantor LSI, Rawamangun, Jumat (2/11/2018).

Selain itu 4 partai lainnya yakni PKS, Golkar, Demokrat dan PPP masuk dalam posisi 6 besar. “PKS 6,2 persen, Golkar 4.3 persen, Demokrat 3 persen dan PPP 3 persen,” jelasnya.

Berbanding terbalik dengan perolehan di DKI Jakarta, untuk wilayah Jawa Barat Partai Gerindra memiliki jumlah pemilih terbesar yakni sekitar 31 juta.

Partai besutan Prabowo Subianto itu memperoleh dukungan 20,2 persen. “Gerindra urutan pertama sebesar 20,2 persen di Jawa Barat kemudian ada PDIP di urutan kedua 17,8 persen,” ujarnya.

Sementara 3 partai lainnya seperti Golkar, PKS, dan PPP berturut-turut mengekor di belakang kedua partai tersebut. “Golkar 11,3 %, PKS 6,0 % dan PPP 4,7 %,” pungkasnya.

Survei itu dilakukan pada tanggal 4 hingga 14 Oktober 2018 dengan jumlah responden sebanyak 600 orang setiap provinsi dan margin of error +/- 4,1 persen. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.