Jumat, 30 Oktober 20

Bawaslu Apresiasi Deklarasi Para Jurnalis

Bawaslu Apresiasi Deklarasi Para Jurnalis
* Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan (tengah). (foto: Kapoy/Obsessionnews.com

Jakarta, Obsessionnews.com –  Mewujudkan Pilkada dan Pemilu Damai dan Berintegritas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar diskusi publik yang bertemakan ‘Peran Media Dalam Mewujudkan Pemilu Damai dan berintegritas’. Selain diskusi, sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Komunitas Pewarta Pemilu menggelar deklarasi ‘Jurnalisme Damai dan Beretika Dalam Pemilu’ di Media Center Bawaslu, Jl MH Thamrin no. 14, Jakarta Pusat, Senin (7/5/2018).

Dalam kesempatan itu Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan, dengan adanya deklarasi Jurnalisme Damai dan Beretika Dalam Pemilu 2019 dapat mewujudkan pemilu yang damai. Untuk itu, orang nomor satu di Bawaslu ini mengapresiasikan deklarasi tersebut.

“Kami (Bawaslu) sangat apresiasi deklarasi Jurnalisme damai dan beretika dalam  pemilu, agar peran media dalam mewujudkan Pemilu Damai dan Berintegritas,” kata Abhan.

Abhan mengungkapkan kesuksesan pilkada 2018 dan Pemilu 2019 adalah tanggungjawab semua pihak. Termasuk media. “Pilkada dan Pemilu bukan hanya tanggung jawab penyelenggara tetapi semua pihak dan media juga mempunyai peran mensukseskan pilkada dan pemilu 2019,” ujarnya.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Yuliandre Darwis menyampaikan saat ini media mempunyai konten dalam pemberitaan. Tetapi semua media sudah sesuai dalam pemberitaan dengan menampilkan kebenaran dan fakta yang ada.

“Kita kumpulkan data konten, saya yakin literasasinya lebih kuat, mungkin satu dua muncul tafsiran seolah gesekan tapi masih ada media yang muncul sesuai fakta tanpa menimpa dalam informasi,” ucapnya.

Dia berharap agar media tidak memikirkan kepentingan diri sendiri atau kelompok. Memikirkan bagaimana pemilu dapat berjalan damai dan sukses serta beretika. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.