Jumat, 26 April 24

Barcelona Kampiun Piala Super Eropa!

Barcelona Kampiun Piala Super Eropa!
* Barcelona menangkan pertarungan sengit lawan Sevilla dengan skor 5-4 di Stadion Boris Paichadzis Erovnuli, Rabu (12/8). (goal.com)

Tbilisi – Barcelona menegaskan dominasi mereka di pentas Eropa dengan menyabet trofi Piala Super Eropa 2015 usai memenangkan pertarungan sengit lawan Sevilla dengan skor 5-4 di Stadion Boris Paichadzis Erovnuli, Rabu (12/8) dini hari WIB.

Pasukan Luis Enrique sukses memboyong trofi Piala Super Eropa kelima mereka dengan mengatasi perlawanan sengit Sevilla.

Babak Pertama:

Sevilla yang coba langsung menggebrak di awal laga mampu membuka keunggulan cepat. Tendangan bebas akurat Ever Banega di menit ketiga menyusul pelanggaran Javier Mascherano sebelumnya, sukses bersarang ke gawang Marc-Andre Ter Stegen.

Namun tak butuh waktu lama bagi Barcelona untuk menyamakan kedudukan. Tersengat dengan gol cepat Sevilla, Blaugrana meningkatkan intensitas tekanan dan sebuah peluang berhasil dituntaskan Lionel Messi , juga melalui tendangan bebas empat menit selepas gol Banega.

Dua gol yang tercipta dalam kurun waktu kurang dari sepuluh menit menjadi jaminan serunya pertandingan. Benar saja, seakan menjadi sebuah kontes tendangan bebas, Messi kembali membobol gawang Sevilla kala eksekusi melengkungnya di menit ke-15 membuat Beto tak berdaya.

Mampu berbalik unggul membuat pasukan Luis Enrique semakin gencar melakukan serangan. Sementara Sevilla juga tak tinggal diam menyikapi kertertinggalan mereka, sejumlah ancaman dilancarkan meski belum optimal dan tak terlalu membahayakan pertahanan lawan.

Memasuki setengah jam permainan, Luis Suarez sempat berpikir telah mencetak gol ketiga Barcelona, akan tetapi upayanya yang terlibat dalam skema serangan dan meneruskan umpan tarik Jeremy Mathieu kandas setelah dirinya dinyatakan dalam posisi offside.

Dominasi permainan Barcelona kian berkembang menjelang akhir babak pertama. Pergerakan, Suarez, Messi, Ivan Rakitic hingga Andres Iniesta benar-benar membuat barisan belakang Sevilla kerepotan. Semenit jelang turun minum, Barcelona menambah keunggulan lewat aksi Rafinha.

Babak Kedua:

Unggul dua gol tak membuat Barcelona mengubah gaya permainan mereka di awal babak kedua. Masih mengandalkan skema penguasaan bola, kampiun Liga Champions itu berusaha meredam Sevilla yang coba meningkatkan agresivitas serangan mereka.

Petaka dialami Sevilla ketika Benoit Tremoulinas melakukan blunder di wilayah pertahanan sendiri. Kesalahan dalam mengumpan membuat bola dipotong Sergio Busquets yang langsung mengirimkan umpan manja untuk diselesaikan Suarez dan memperlebar keunggulan Barcelona di menit ke-52.

Tertinggal tiga gol di papan skor tak membuat Sevilla tak patah arang. Lima menit kemudian, pasukan Unai Emery menipiskan kedudukan menjadi 4-2, berkat aksi Jose Antonio Reyes yang meneruskan umpan Vitolo mampu memperdaya Ter Stegen.

Keluarnya Iniesta yang digantikan Sergi Roberto sedikit mempengaruhi alur serangan Barcelona. Situasi tersebut dimanfaatkan Sevilla untuk mengambil alih momentum permainan dan hasilnya didapat di menit ke-72, sebuah eksekusi penalti Kevin Gameiro kian mereduksi ketertinggalan timnya.

Hujan gol berlangsung di Stadion Boris Paichadzis Erovnuli, rekrutan anyar Sevilla yang baru masuk di babak kedua, Yevhen Konoplyanka sukses menyamakan skor menjadi 4-4 di menit ke-81 usai menyambar umpan silang Ciro Immobile. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Babak Tambahan:

Mengawali babak tambahan waktu, Barcelona melakukan pergantian pemain dengan maksud untuk menambah daya gedor, memasukkan Pedro Rodriguez yang menggantikan tempat Javier Mascherano.

Suarez dan Messi terus melacarkan serangan bagi Barcelona, yang kini dtambah dengan kehadiran Pedro. Hanya saja pertahanan Sevilla tampak lebih solid terutama selepas mampu menyamakan kedudukan jelang berakhirnya waktu normal pertandingan.

Sevilla praktis lebih banyak menunggu dan mencoba untuk mencari kelengahan Barcelona yang gencar menekan. Laga kembali dilanjutkan dengan paruh kedua perpanjangan waktu dengan pasukan arahan Enrique masih memegang kendali permainan.

Momen yang dinanti Barcelona tiba di menit ke-115, berawal dari tendangan bebas Messi yang mentah, Pedro berdiri pada posisi dan waktu yang tepat untuk menyambar bola masuk ke gawang Beto. Sebuah kontribusi berharga bagi pemain yang diisukan akan hengkang musim panas ini.

Kembali tertinggal dengan menyisakan sedikit waktu di babak kedua tambahan waktu ini, Sevilla mau tak mau bermain lepas setidaknya memaksakan pertandingan untuk memasuki babak adu penalti. Sayangnya, hal tersebut tak terlaksana dan keunggulan Barcelona bertahan hingga usai. (goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.