Senin, 29 April 24

Anies Nilai Prabowo Tidak Tahan Jadi Oposisi

Anies Nilai Prabowo Tidak Tahan Jadi Oposisi
* Calon Presiden (Capres) nomor urut satu Anies Baswedan menyampaikan visi misinya dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/YU)

Obsessionnews.com – Calon presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menilai capres nomor urut 2 Prabowo Subianto tidak tahan untuk menjadi oposisi. Anies menyampaikan hal itu dalam debat pertama Pilpres 2024 di halaman Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

“Sayangnya tidak semua orang tahan menjadi oposisi, seperti yang disampaikan Pak Prabowo, Pak Prabowo tidak tahan untuk menjadi oposisi,” kata Anies saat menanggapi tanggapan Prabowo di sesi debat.

 

Baca juga: Anies Janji Tegakkan Hukum secara Adil untuk Seluruh Masyarakat

 

Menurutnya, dalam sebuah proses demokrasi ada pemerintah dan ada oposisi yang dua-duanya merupakan unsur terhormat. Karena bila ada perspektif yang berbeda dari pemerintah, maka hal itu membuat masyarakat bisa menilai.

“Beliau sendiri menyampaikan bahwa tidak berada dalam kekuasaan membuat tidak bisa berbisnis, tidak bisa berusaha, karena itu harus ada dalam kekuasaan,” katanya.

Dia mengatakan, saat ini minim sekali pihak yang berperan sebagai oposisi. Menurutnya saat ini kebebasan berbicara menurun termasuk mengkritik partai politik sehingga indeks demokrasi menjadi menurun.

“Saya rasa lebih dari sekedar partai politik, rakyat tidak percaya pada proses demokrasi yang terjadi,” kata dia.

Sementara itu Prabowo menilai pendapat Anies berlebihan terkait penurunan demokrasi. Menurut dia, Anies dipilih menjadi Gubernur DKI Jakarta oleh sebuah proses demokrasi.

“Kalau demokrasi tidak berjalan, tidak mungkin anda menjadi gubernur,” kata Prabowo kepada Anies.

KPU menyelenggarakan debat pertama capres-cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa, dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti tiga pasangan capres-cawapres yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024. (Antara/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.