Jumat, 26 April 24

4 CEO Pilihan 2019

4 CEO Pilihan 2019
* 4 CEO Pilihan 2019. (foto: dok WO)

Zuryati Simbolon – Teguh Berkomitmen & Integritas

Penulis Angie

Zuryati-Simbolon-696x523
Zuryati Simbolon Direktur Utama PT Transportasi Gas Indonesia (TGI)

Baginya, wanita dianugerahi kemampuan multitasking, lebih adaptif, humble dan
memiliki daya tahan yang tangguh dalam menjalani tugas dan tantangan. Sebagai
pucuk pimpinan di perusahaan, dia dengan tegas memegang teguh integritas
maupun profesionalisme.

Bekerja di bidang yang selama ini identik dengan pria baginya tidaklah menjadi halangan. Apalagi, dia mampu dan telah membuktikan kapasitasnya dalam memimpin perusahaan. Adalah Zuryati Simbolon, sosok tangguh yang menakhodai PT Transportasi Gas Indonesia (TGI) yang bergerak di bidang transmisi pengangkutan gas melalui pipa sampai luar negeri.

Perjalanan kariernya sudah melalui banyak tahapan yang mampu mengasah diri. Setahun setelah lulus dari Universitas Sriwijaya Palembang tahun 1995, wanita yang akrab disapa Atiek ini menjadi pegawai di Departemen Keuangan (Depkeu). Kariernya sebagai PNS terus menanjak. Berawal dari Depkeu, naik menjadi pejabat eselon pada Dirjen Pembinaan BUMN, lalu Kementerian BUMN. Perempuan ramah namun tegas dan lugas, penerima penghargaan PNS Satyalancana Karya Satya X dan XX tahun dari Presiden RI ini memiliki sederet pengalaman tangguh dalam membina pengelolaan perusahaan pelat merah. Dengan jabatan Pelaksana Tugas Harian Eselon II saat itu, hampir semua sektor pernah ditanganinya, mulai dari perbankan, asuransi, perkebunan, sarana prasarana perhubungan, kawasan bisnis hingga sektor minyak dan gas.

Sebelum diangkat sebagai direktur TGI, lulusan magister manajemen Universitas Gajah Mada ini sebelumnya menjabat sebagai direktur komersial PT Railink, perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan sarana dan prasarana Kereta Api Bandara. Tantangan demi tantangan diterimanya, termasuk saat ditunjuk menjadi direktur keuangan dan administrasi TGI. Satu setengah tahun kemudian, melihat prestasinya dia diamanahkan sebagai direktur utama di perusahaan yang sama.

Di bawah kepemimpinannya, sebagai salah satu aset obyek vital negara, TGI mengelola bisnis transportasi gas bumi dan menjaga jaringan pipa dengan sangat baik berdasarkan prinsip kehati-hatian yang efektif dan efisien. Sejak didirikan Februari 2002, TGI telah berkomitmen untuk menjadi ‘Transporter of Choice’ gas bumi di Indonesia. Perusahaan ini terus memperluas pemanfaatan gas bumi di Indonesia,dan selalu memastikan pengiriman yang cepat, andal, dan aman pada saat yang bersamaan.

Belum lama ini, TGI dinobatkan sebagai ‘Inspirator Rehabilitas DAS Hutan Lindung Gambut’ oleh Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan. Sebelumnya, TGI meraih anugerah ‘Patra Nirbhaya Karya Utama’ dari Kementrian ESDM yang merupakan penghargaan tertinggi atas keselamatan kerja minyak dan gas bumi untuk kategori tanpa kehilangan jam kerja sebagai akibat kecelakaan kerja di tahun 2018. Anak perusahaan PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) ini pun menerima Silver Winner Award dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN ‘Indonesia Tertib Terbaik’ dalam ajang Revolusi Mental Award 2018. Sebagai jaminan revenue atas pemanfaatan kapasitas pipa, TGI memiliki Perjanjian Pengangkutan Gas (GTA) jangka panjang hingga tahun 2023.

Menghadapi masa depan yang cepat berubah dan menantang, wanita yang akrab disapa Atiek ini selaku pimpinan tertinggi perusahaan secara berkesinambungan melakukan upaya-upaya peningkatan kinerja dan mengeksplorasi kemungkinan memenuhi permintaan energi terutama terhadap konsumsi domestik. “Untuk meraih semuanya kami melakukan pengembangan sumber daya manusia melalui peningkatan kompetensi dan perolehan sertifikasi, pengembangan teknologi dan ketersediaan fasilitas pendukung yang solid serta terintegrasi untuk meningkatkan kinerja. Fokus kami pada tiga hal. Pertama, peningkatan fasilitas membangun stasiun metering. Kemudian kedua, meningkatkan Health, Safety, Security and Environment (HSSE) untuk keselamatan dan keamanan lingkungan kerja. Ketiga memperbaiki proses bisnis untuk efisiensi dan peningkatan kinerja,” tuturnya optimis. Saat ini TGI telah membangun beberapa Metering Station baru seperti di Koto Gasib Riau dan Duri yang berfungsi untuk menunjang utilisasi gas di jalur pipa Duri-Dumai.

Menjalani peran sebagai wanita karier, Atiek memang harus fokus pada pekerjaan, namun di sisi lain tidak melupakan kodratnya. Dia harus berusaha balance dalam menjalankan kewajiban sebagai ibu yang baik dan istri seorang pejabat tinggi pemerintahan. Dia berkomitmen kuat mengutamakan keluarga tanpa mengabaikan pekerjaannya. Komunikasi adalah hal terpenting yang selalu dibina bersama dengan suami dan ketiga putra-putrinya di berbagai kesempatan. Dia berpandangan wanita yang memutuskan berkarier menurutnya memiliki tanggung jawab dan komitmen dua kali lipat dalam mengurus pekerjaan dan keluarga secara beriringan. Namun, dia tak menjadikan hal itu beban, selalu dijalaninya dengan tulus ikhlas sebagai bagian dari ibadah kepada Tuhan YME.

Naskah: Angie Diyya | Foto: Dok. Pribadi

(Poy)

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.