Sabtu, 27 April 24

Bareskrim Amankan Tiga Pelaku Perdagangan Manusia

Bareskrim Amankan Tiga Pelaku Perdagangan Manusia

Jakarta, Obsessionnews – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri berhasil mengungkap praktik perdagangan manusia ke Timur Tengah. Polisi pun telah mengamankan tiga orang yang berinisial CC, EM, dan AS pada Minggu 27 September 2015 dini hari di wilayah Jati Sampurna, Bekasi, Jawa Barat. Keungkapnya praktik tersebut berdasarkan pengaduan GL seorang korban trafficking yang dilakukan oleh CC.

“Kasus ini atas pengaduan dari saudari GL yang menjadi korban trafficking yang dilakukan CC dan rekan-rekannya,” ujar Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Mabes Polri Kombes Pol Suharsono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (28/9/2015).

Suharsono menjelaskan kasus ini berawal pada Agustus 2015 lalu, dimana GL mengalami pelecehan seksual majikannya di Kairo, Mesir. Tak terima dilecehkan, GL akhirnya melapor ke kepolisian setempat. Namun laporan itu lamban ditangani, sehingga ia melaporkan tindakan pelecehan itu ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI).

“Mendapati laporan, KBRI segera meresponsnya. Lalu dipulangkan ke Indonesia dan melapor ke Bareskrim,” katanya.

Berdasarkan pengembangan sementara yang dilakukan penyidik, selain GL, pelaku rupanya telah memberangkatkan 14 orang untuk dipekerjakan di Timur Tengah. Saat ini 14 orang tersebut berada di Malaysia.

“Dari info tersebut, Polri berkoordinasi dengan KBRI di Kuala Lumpur dan pihak PDRM (Polisi Diraja Malaysia). Pihak PDRM langsung bergerak dan bisa diamankan 14 orang itu di shelter KBRI,” pungkas Suharsono. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.