Jumat, 17 Mei 24

Lakukan Tadarus Alquran Jauh Dari Godaan Setan

Lakukan Tadarus Alquran Jauh Dari Godaan Setan
* Kitab suci Alquran. (foto: Edwin B/Obsessionnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Bulan Ramadan merupakan bulan yang suci dan penuh kemuliaan. Beramal kebaikan pada bulan ini akan dilipatgandakan pahalanya dan diampuni segala dosa-dosanya. Diantaranya amal yang dilipatgandakan seperti melaksanakan Salat dan tadarus Alquran di bulan Ramadan.

Hukum Tarawih sendiri adalah sunah, lalu bagaimana dengan tadarus Alquran? Di beberapa masjid, tadarus Alquran bahkan sampai menggunakan pengeras suara, sehingga Ramadan terasa semakin semarak.

Melaksanakan tadarus Alquran di bulan Ramadan satu di antaranya dianjurkan oleh Al-Shan’ani dalam kitabnya. Subulus Salam menjelaskan: qiyam ramadhan (dalam hadist diatas) adalah mengisi dan memeriahkan malam Ramadlan dengan melakukan salat dan membaca Alquran. (Subulus Salam Juz II, h. 173)

Berita tentang tadarus Alquran di bulan Ramadan ini menjadi trending topic di mesin pencari Google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia pada Kamis (17/5/2018) pukul 11.37 WIB berita ini dicari lebih dari 5.000 kali.

Membaca Alquran pada malam hari di bulan Ramadhan sangat dianjurkan oleh agama. Lalu bagaimana jika membaca Alquran dilakukan secara bersama-sama, yang satu membaca dan yang lain menyimak?

Syaikh Nawawi Al-Bantani menjawab, termasuk membaca Alquran adalah mudarasa (tadarus), yang sering disebut dengan idarah.”Yakni seseorang membaca pada orang lain. Kemudian orang lain itu membaca pada dirinya. Yang seperti itu tetap sunah.” (Nihayah al-Zain, 194-195)

Dari penjelasan tersebut disimpulkan bahwa tadarus Alquran yang dilakukan di masjid-masjid pada bulan Ramadan tidak bertentangan dengan agama dan merupakan perbuatan yang baik, karena sesuai dengan tuntunan Rasul. Namun bila menggunakan pengeras suara, dianjurkan untuk memastikan bahwa itu tidak mengganggu lingkungan sekitar.

Selain itu, keutamaan tadarus Alquran juga akan dijauhkan dari godaan setan, karena lebih banyak mengingat Allah SWT. Waktu kita juga akan lebih produktif karena tidak terbuang sia-sia. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.