Jumat, 26 April 24

Wujudkan Tol Laut, Jokowi Resmikan Lima Pelabuhan di Halmahera

Wujudkan Tol Laut, Jokowi Resmikan Lima Pelabuhan di Halmahera

Halmahera, Obsessionnews – Presiden Jokowi meresmikan penggunaan Pelabuhan Tobelo, Pelabuhan Galela, Pelabuhan Tutu Kembong, Pelabuhan Wonreli, dan Pelabuhan Pulau Teor. Peresmian kelima pelabuhan tersebut dipusatkan di Pelabuhan Tobelo di Kabupaten Halmahera Utara, Rabu (6/4/2016).

Jokowi menjelaskan, pembangunan infrastruktur pelabuhan bertujuan untuk menghubungkan antar pulau, antar provinsi, antar kabupaten di seluruh Indonesia. Program tol laut yang sudah terlaksana sejak tahun lalu, diakuinya menyediakan tiga buah kapal yang secara reguler singgah di pelabuhan-pelabuhan besar dan akan ditambah lagi frekuensinya pada tahun ini.

“Kita ingin dari Tobelo mau ke Aceh bisa, inilah Indonesia. Kalau nggak ada kapalnya lewat apa, kalau nggak ada airportnya lewat apa?,” ucap Jokowi.

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan dengan 17 ribu pulau. Maka menurut Jokowi, konektivitas antar pulau menjadi penting untuk mempersatukan Indonesia sebagai sebuah bangsa yang besar, dimana 2/3 Indonesia adalah air, dan 1/3 merupakan darata.

“Konsentrasi kita adalah air karena kita adalah kepulauan. Zaman dulu Majapahit besar karena memperhatikan laut, Sriwijaya juga besar karena tidak memunggungi laut,” kata Presiden.

Presiden kembali menegaskan bahwa saat ini pemerintah tengah fokus terhadap tiga hal yang berkaitan dengan percepatan pembangunan. Ketiga hal itu adalah deregulasi atau penyederhanaan perizinan, pembangunan infrastruktur, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Pelabuhan-pelabuhan di pulau-pulau kerjakan, menteri tanya duit dari mana? urusan saya, ya duit dicarikan,” ujar Presiden.

Peresmian lima pelabuhan oleh Jokowi ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti. Usai peresmian Presiden beserta Ibu Negara Iriana Jokowi kemudian meninjau fasilitas Pelabuhan Tobelo.

Turut didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan sejumlah pejabat Provinsi Halmahera Utara. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.