Minggu, 26 September 21

Wow…Keren! Mahasiswa UGM Olah Tulang Kambing Jadi Material Pengisi Tulang Rusak

Wow…Keren! Mahasiswa UGM Olah Tulang Kambing Jadi Material Pengisi Tulang Rusak
* Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, berhasil mengolah tulang kambing menjadi material tiruan yang digunakan untuk memperbaiki tulang yang rusak (bone graft). (Foto: Humas UGM)

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Beberapa mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, berhasil mengolah tulang kambing menjadi material tiruan yang digunakan untuk memperbaiki tulang yang rusak (bone graft). Woow…keren!

Bone graft  ini sangat dibutuhkan dalam operasi patah tulang. Berfungsi sebagai material pengisi tulang yang rusak.

 

Baca juga:

Mahasiswa UGM Bina Kelas Pintar Gizi untuk Anak Autis

Rektor UGM Wisuda 845 Lulusan Pascasarjana

Mahasiswa UGM Bina Kelas Pintar Gizi untuk Anak Autis

 

Ketua peneliti bone graft tulang kambing Valentino Alberto Muktiwibowo mengatakan,  selama ini pemenuhan akan material cangkok tulang masih dengan impor dari negara lain dengan harga yang relatif mahal.

“Karenanya kami melakukan penelitian untuk pengembangan bone graft dalam negeri,” jelas Valentino saat konferensi pers di Laboratorium Riset Terpadu Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UGM, Kamis (10/10/2019).

Dikutip obsessionnews.com dari keterangan tertulis Humas UGM, Kamis, dalam kesempatan itu Valentino menyampaikan kebutuhan akan jaringan tulang di Indonesia sangat tinggi. Tidak hanya untuk membantu pasien patah tulang, tetapi juga kerusakan gigi.

“Ada 24 juta kasus patah tulang per tahunnya di Indonesia. Belum lagi kerusakan gigi dan keganasan yang kasusnya mencapai 70 persen yang itu pun membutuhkan jaringan tulang,” sebutnya.

Sementara bank jaringan di Indonesia belum begitu banyak. Sampai saat ini tercatat baru ada tiga bank jaringan yang berada di Jakarta, Batam, dan Padang. Sedangkan untuk pemenuhan akan material pengisi tulang masih bergantung pada impor.

 

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.