Kamis, 25 April 24

Wow…Keren! Mahasiswa FT UI Ciptakan Kotak Penghangat Makanan Memanfaatkan Tenaga Surya

<span class=Wow…Keren! Mahasiswa FT UI Ciptakan Kotak Penghangat Makanan Memanfaatkan Tenaga Surya">
* Sunny side box, sebuah kotak bekal yang dapat menghangatkan makanan dengan memanfaatkan tenaga surya, karya  tujuh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI), Depok. (Foto: ui.ac.id)

Jakarta, Obsessionnews.com – Tujuh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI), Depok, angkatan 2014 menciptakan  sunny side box, sebuah kotak bekal yang dapat menghangatkan makanan dengan memanfaatkan tenaga surya. Wow…keren!

 

Baca juga:

KPK Isyaratkan Kasus IT Universitas Indonesia Segera Ditindaklanjuti

Mahasiswa Indonesia Juara Dunia Kompetisi Robot di Amerika

Kemenpar Beri Pelatihan Pariwisata kepada Mahasiswa di Maluku Tenggara

 

Hal tersebut mungkin terjadi karena terdapat peltier pemanas dengan menggunakan sumber energi alternatif berupa panel surya. Ide  sunny side box datang dari banyaknya keluhan akan perubahan cita rasa, aroma dan kualitas makanan yang dijadikan bekal saat pergi beraktivitas.

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI), Depok, yang menciptakan kotak penghangat makanan. (Foto: ui.ac.id)

Untuk itu ketujuh mahasiswa yang terdiri atas Arin Wulandari, Bagus Anugrah Ramadhan, Deby Rahma Tsabita, Girindra Chaska Wardana Nimpuno, Hajid Naufal Atthousi, Hanny Banowati Arimbi dan Indira Prianda menciptakan sebuah kotak bekal terobosan baru ini.

Bagus menuturkan,  beberapa riset menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang sudah dingin dapat menimbulkan gejala keracunan makanan. Oleh karena itu, kami mengkreasikan sunny side box dengan harapan dapat menjadi solusi atas keresahan masyarakat.

“Seperti yang kita tahu, membawa bekal telah menjadi salah satu budaya masyarakat di Indonesia. Tidak hanya anak TK melainkan juga pelajar, mahasiswa hingga karyawan,” tuturnya seperti dikutip obsesionnews.com dari keterangan tertulis, Rabu (24/7/2019).

Ia menambahkan, “Kami juga akan melakukan riset lanjutan guna mengembangkan sunny side box baik itu dari sisi material, thermodinamika, nutrisi, dan rekayasa lanjutan pada pengoperasian alat. Dengan mempelajari aspek-aspek tersebut, teknologi yang diaplikasikan pada sunny side box akan lebih optimal.”

Sunny side box menggunakan baterai yang memiliki dua alternatif cara dalam memanen energi listrik, yaitu menggunakan pengisi baterai berkabel dan juga panel surya yang dapat menghangatkan makanan hingga 6 jam selama dinyalakan.

Energi listrik yang tersimpan akan diolah oleh Peltier sebagai pemanas yang bersentuhan langsung dengan wadah logam untuk menghangatkan makanan.

Berkat inovasinya ini sunny side box berhasil meriah penghargaan Medal Perak pada kategori Lingkungan Hidup di ajang International Science and Invention Fair 2019 yang berlangsung pada 21-25 Juni 2019 di Denpasar, Bali. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.