Kamis, 25 April 24

Pertunjukan Arkadewi Karya Mahasiswa LSPR Jakarta Angkat Budaya Jawa Tengah

Pertunjukan Arkadewi Karya Mahasiswa LSPR Jakarta Angkat Budaya Jawa Tengah
* Tim Arkadewi Theatre saat menggelar sesi press conference. (Foto: dok LSPR Jakarta)

Jakarta, Obsessionnews.com – LSPR Jakarta akan menggelar Arkadewi yang merupakan pertunjukan teater musikal kombinasi tradisional dan modern di The Amani Palladium Theatre, LSPR Jakarta Transpark Juanda, pada tanggal 6-7 Agustus 2019.

Arkadewi merupakan produksi teater oleh mahasiswa LSPR Jakarta semester akhir jurusan Performing Arts Communication kelas PAC20-1B yang mengangkat tema budaya. Pertunjukan ini terinspirasi oleh kombinasi cerita rakyat yang ada di Jawa Tengah.

Dimulai dari naskah, aransemen lagu, dan koreografi merupakan hasil kreatifitas dari mahasiswa PAC20-1B. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh mahasiswa PAC20-1B dengan tujuan untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia pada kancah internasional.

Adapun produksi ini merupakan syarat kelulusan ujian internasional yang dipersembahkan oleh Edith Cowan University, Australia.

“Kali ini kami tidak menampilkan pertunjukan dari Broadway, karena kami percaya bahwa cerita lokal juga memiliki banyak sekali kekayaan yang tidak kalah menariknya untuk ditampilkan dan dikembangkan,” ucap Serafine, sutradara dari pertunjukan teater Arkadewi melalui siaran pers, Jumat (5/7/2019).

“Ini pertama kalinya mahasiswa LSPR membuat teater musikal dengan konsep original yang mengangkat tema kebudayaan, dengan harapan teater ini dapat menginspirasi banyak orang, terutama kaum muda yang berkecimpung dalam dunia teater, bahwa memulai sesuatu yang baru itu adalah hal yang baik, memang tidak mudah tetapi kita akan terus belajar seiring berjalannya waktu,” sebut salah satu penulis naskah Arkadewi, Novita.

Festival teater LSPR merupakan festival tahunan yang diadakan LSPR, dimana setiap kelas dari mahasiswa jurusan Performing Arts Communication mencurahkan kreatifitasnya dalam sebuah pertunjukan teater. Adapun festival teater tahun ini sudah masuk ke tahun ke-12.

Kreatifitas oleh mahasiswa LSPR dalam pertunjukan teater memang patut diacung jempol. Tahun lalu, mahasiswa jurusan Performing Arts Communication menyumbangkan dua judul teater yang cukup mengundang kemeriahan dari khalayak.

Dikutip dari website Broadway World Indonesia, secara keseluruhan para pemain bermain dengan dinamika yang jelas dan mempunyai koneksi yang baik satu dengan yang lainnya. Sampai dengan hari ini, mahasiswa LSPR jurusan PAC masih terus berkarya dalam berbagai bentuk bidang seni. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.