Sabtu, 27 April 24

Waspadai Pemodal Kampanye dalam Pilkada Serentak

Waspadai Pemodal Kampanye dalam Pilkada Serentak

Bandung– Meskipun Pilkada serentak tahun 2015 banyak manfaat daripada mudaratnya, namun perlu diwaspadai akan banyaknya sponsor di balik kandidat yang memiliki maksud tertentu dengan membiayai kampanye.

Demikian disampaikan pakar ilmu politik dan pemerintahan Prof DR Asep Warlan Yusuf dalam diskusi yang digelar Focus Group Discussion (FGD) di Kampus Unikom Jl. Dipatiukur Bandung. Menurut Asep Pilkada serentak memiliki manfaat yang banyak. Pilkada serentak membuat biaya relatif murah, transparan, memperkecil adanya unsur suap-menyuap, dan menekan unsur korupsi. Namun perlu diwaspadai dari sisi pendanaan seorang kandidat yang tidak menutup kemungkinan mendapatkannya dari orang atau kelompok tertentu yang ada balas budinya.

Di sisi lain dalam diskusi yang bertema “Refleksi Tahun Politik 2014, Menatap Indonesia 2015: Peluang dan Tantangan bagi Daerah” tersebut Asep juga mengungkap adanya kementerian dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia yang saat ini hanya menjadi sapi perahan bagi pihak-pihak tertentu, karena di dalamnya bercokol orang-orang dari partai politik. (Dud)

Related posts