Sabtu, 27 April 24

Waspada! Retrognathia Dapat Sebabkan Gangguan Pernapasan

Waspada! Retrognathia Dapat Sebabkan Gangguan Pernapasan
* Retrognathia adalah kelainan struktur tulang penyebab rahang sakit.

Jakarta, Obsessionnews.com – Jika Anda sering mengalami sakit rahang ketika mengunyah, Anda harus secepatnya diperiksakan ke dokter karena ditakutkan terkena Retrognathia. Waspada! Penyakit ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan jika dibiarkan tanpa diobati.

Retrognathia adalah suatu kondisi dimana posisi dari struktur penyusun rahang (maxila atau mandibula) terletak lebih posterior (arah belakang) dari normalnya. Kondisi ini umumnya memang tidak berbahaya, tapi sewaktu-waktu jika sudah parah dapat menyebabkan gangguan jalan nafas.

“Oleh karena itu retrognathia perlu diperiksa oleh dokter gigi spesialis bedah mulut atau dokter spesialis bedah plastik, agar dapat ditentukan penanganan terbaiknya. Beberapa opsi terapi yang mungkin ditawarkan, yaitu penggunaan kawat gigi penunjang rahang atau operasi,” ungkap dokter umum dr Muhammad  Fadhil.

Struktur tulang rahang yang tidak proposional, kata dia, dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur, nyeri rahang yang intens, serta kesulitan menggigit dan mengunyah makanan.

“Kemungkinan penyebab dari retrognathia adalan dari faktor genetik. Selain itu, kondisi seperti cedera pada daerah rahang, infeksi, atau riwayat operasi daerah rahang sebelumnya juga menyebabkan retrognathia. Beberapa keluhan yang sering muncul, antara lain susah berbicara, susah menelan, sering sesak, tersedak, dan secara penampilan tampak cukup menganggu,” terangnya.

Seseorang dengan kondisi ini pun lebih rentan untuk mengalami nyeri rahang TMJ yang juga dapat menyebabkan kejang otot di sekitar persendian rahang. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan pernapasan, terutama saat tidur atau ketika berbaring telentang. Orang dengan kondisi ini juga lebih mungkin untuk mengalami sleep apnea(red. Gangguantidur yang serius di mana pernapasan sering berhenti selama tidur. Dalam dunia medis sleep apnea yang disebabkan oleh penyumbatan saluran pernapasan disebut dengan obstructive sleep apnea/OSA).

Posisi rahang yang tidak presisi membuat lidah menutupi jalan napas sehingga dapat menyebabkan henti napas yang tidak normal, tersedak, mendengkur, atau napas yang terengah-engah.Dalam kasus tertentu, kondisi ini juga dapat menurunkan rasa percaya diri karena menyebabkan tampilan wajah jadi tidak simetris.

Retrognathia juga dapat terjadi apabila Anda pernah mengalami cedera di wajah hingga menyebabkan patah tulang rahang atau rahang geser.Tak hanya itu, kondisi ini pun bisa terjadi karena berbagai kondisi yang berkaitan dengan kelainan genetik langka, seperti Syndrome Pierre-Robin. Sindrom ini ditandai dengan ukuran rahang bawah yang lebih kecil dari ukuran normal serta kelainan posisi lidah yang menutup jalan napas.

Makrosomia hemifacial, yakni kondisi salah satu sisi wajah tidak tumbuh sepenuhnya dan tidak berkembang dengan baik.

Nager syndrome. Kondisi langka ini memengaruhi bentuk rahang dan pipi serta pertumbuhan tangan dan lengan penderitanya.

Treacher Collins syndrome. Kondisi ini memengaruhi berbagai tulang di wajah, termasuk rahang.

Untuk pengobatan sendiri tergantung dari kondisi keparahannya. Pada anak perawatan ortodontik mungkin efektif untuk memperbaiki tampilan rahang yang tidak presisi. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan menggunakan penutup kepala khusus yang dibuat untuk memperlambat pertumbuhan rahang sehingga rahang atas dan bawah dapat menjadi lebih baik.

Retrognathia tahap ringan pada remaja dan orang dewasa, obat pereda nyeri, kompres es, dan pijat, mungkin bisa mengurangi gejala yang ada. Sementara untuk kasus yang parah, operasi perbaikan struktur tulang rahang mungkin diperlukan.Pemasangan splint gigi atau bite plates juga bisa dilakukan untuk mengobati kasus retrognathia yang parah. (Iqbal R/MO)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.