Kamis, 2 Februari 23

Wamenag Zainut Lepas Kloter 1 Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Wamenag Zainut Lepas Kloter 1 Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air
* Wakil Menteri Agama (Wamenag) dan sekaligus Naib Amirul Hajj Zainut Tauhid Sa'adi melepas kelompok terbang (kloter) 1 jemaah haji yang akan pulang ke tanah air. (Foto: Humas Kemenag)

Obsessionnews.com – Wakil Menteri Agama (Wamenag) dan sekaligus Naib Amirul Hajj Zainut Tauhid Sa’adi melepas keberangkatan kelompok terbang (kloter) 1 jemaah haji yang akan pulang ke tanah air. Pelepasan dilakukan di hotel Al Keswah, Jarwal, Makkah, Arab Saudi, tempat jemaah menginap, Kamis (14/7/2022) malam Waktu Arab Saudi (WAS).

 

Baca juga:

Siap Tinggalkan Arab Saudi, Jemaah Haji: Mantab, Pak Menteri, Terima Kasih, Pak Jokowi

Evaluasi Penyelenggaraan Haji 2022, Ace Hasan: Pelayanan Armuzna Masih Belum Sesuai dengan yang Dijanjikan

 

 

Jemaah perdana yang dilepas berjumlah 390 orang yang tergabung dalam Kloter 1 Embarkasi Solo (SOC). Mereka akan diterbangkan menuju ke tanah air dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, pada pukul 05.10 WAS, Jumat, 15 Juli 2022.

“Alhamdulillah malam ini bisa kami lepas jemaah dari SOC Solo. Pesan Pak Menteri, kami dari Kementerian Agama! (Kemenag) meminta maaf jika selama di tanah suci mungkin kurang maksimal. Meskipun kami sudah menyiapkan sebaik-baiknya, tapi pasti ada kekurangan,” ujar Wamenag seperti dikutip dari siaran pers Humas Kemenag, Jumat (15/7).

 

 

Menurutnya, berbagai testimoni jemaah menunjukkan kepuasan mereka terhadap layanan haji tahun ini.

“Kalau diukur dari jemaah mereka sangat puas, tapi ekspektasinya belum seperti yang kami harapkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Wamenag juga menyampaikan pesan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang langsung memerintahkan seluruh jajaran Kemenag segera menyiapkan penyelenggaraan haji tahun 2023.

 

 

“Setelah haji ini selesai kita diperintah Pak Menteri langsung menyiapkan haji 2023 agar lebih matang dan lebih baik lagi, agar kami bisa lebih mengantisipasi berbagai kemungkinan,” kata Wamenag.

Untuk haji tahun 2023, Wamenag berharap Kerajaan Arab Saudi bisa menaikkan kuota untuk jemaah Indonesia.

Sementara itu, prosesi pelepasan jemaah haji SOC 1 ini ditandani dengan penyerahan bendera Merah Putih dari Wamenag ke Ketua Kloter. Dengan lantunan shalawat, jemaah lantas diantar masuk bus yang bergerak menuju ke Jeddah.

 

 

Setelah jemaah asal Solo, juga ada jemaah asal Padang (PDG) kloter 1 dengan jumlah 393 orang yang menyusul diberangkatkan pulang ke tanah air. Jemaah asal Padang rencananya akan terbang menuju tanah air pukul 07.10 WAS, Jumat, 15 Juli 2022.

Baik yang menuju ke Solo maupun Padang, keduanya akan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Penerbangan akan menempuh waktu sekitar 9 jam.

Selain SOC 1 dan PDG 1, di hari yang sama akan diterbangkan juga jemaah SOC 2, Kloter 1 dan 2 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS), serta Kloter 1 Jakarta-Pondokgede (JKG).

Mereka kembali ke tanah air setelah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji. Dari catatan yang ada, mereka ini telah berada di Tanah Suci, baik Madinah maupun Makkah selama 42 hari. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.