Jumat, 26 April 24

Unpad Terima 3.363 Mahasiswa Baru dari 85.879 Calon

Unpad Terima 3.363 Mahasiswa Baru dari 85.879 Calon
* Rektor Unpad

Bandung, Obsessionnews – Hari ini, Kamis (9/7/2015) Universitas Pajajaran (Unpad) Bandung menerima 3.363 mahasiswa hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dari jumlah pendaftar sebanyak 85.879 calon.

Menurut Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.S., Unpad menerima daya tampung mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN sebanyak 3.363 calon mahasiswa. Sementara Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr., menegaskan Unpad berkomitmen tidak boleh ada calon mahasiswa yang tidak bisa melanjutkan studi karena permasalahan ekonomi.

“Jumlah pendaftar melalui jalur SBMPTN ke Unpad pada tahun ini sebanyak 85.879 orang,” ujar Prof. Engkus dalam wawancara melalui email, Kamis (9/07). Pendaftar itu terdiri dari 39.590 orang di kelompok Saintek, dan 46.289 orang kelompok Soshum.

Lima program studi di Unpad yang memiliki jumlah peminat SBMPTN tertinggi, yaitu Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Pendidikan Dokter, Manajemen, dan Manajemen Komunikasi. Sementara Televisi dan Film tercatat sebagai prodi dengan rasio keketatan tertinggi 1:102 dengan 2.743 pendaftar namun hanya menerima 27 calon mahasiswa, disusul kemudian Elektro, Manajemen, Teknik Informatika, dan Manajemen Komunikasi.

Prof. Engkus menjelaskan, calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus dapat melihat secara detail persyaratan yang harus dilengkapi saat pengumuman. Mereka yang dinyatakan lulus harus melengkapi biodata online pada 13-28 Juli 2015 melalui laman http://pengumuman.unpad.ac.id . Kemudian calon mahasiswa melakukan pembayaran penyelenggaraan pendidikan sesuai tarif UKT pada 4 – 11 Agustus 2015 mendatang.

Komitmen Unpad
Unpad tetap berkomitmen ada jaminan dari sisi pemenuhan pembiayaan bagi mereka yang diterima secara akademik di Unpad. Hal tersebut diungkapkan oleh Rektor Unpad, Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr.

“Jangan sampai orang tidak bisa melanjutkan proses belajar hanya karena aspek permasalahan ekonomi,” kata Rektor saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/7).

Unpad sendiri telah mempersiapkan beberapa formula beasiswa bagi mereka yang secara akademik mampu namun terkendala biaya. Dari Program Bantuan Bidikmisi, program bantuan Pemerintah bagi mereka yang tidak mampu namun berprestasi secara akademik, hingga program beasiswa lainnya. Untuk SBMPTN 2015, Unpad menerima 277 pendaftar Bidikmisi. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.