Jumat, 26 April 24

Ubah Nasib Jadi Lebih Baik Melalui Pelatihan Pembuatan Kawat Bronjong  

Ubah Nasib Jadi Lebih Baik Melalui Pelatihan Pembuatan Kawat Bronjong  
* Abdul Muis petani jagung dan kakao di Desa Pintu Rime, Kecamatan Pining, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, yang mengikuti pelatihan lifeskill pembuatan kawat bronjong yang digagas oleh Direktorat Pemberdayaan Alternatif Badan Narkotika Nasional (BNN) di Gayo Lues.  (Foto: BNN)

Sementara untuk jagung hanya bisa dipanen dua kali dalam setahun. Dalam sekali panen biasanya ia memperoleh hasil 1 ton. Jagung tersebut kemudian ia jual kepada seorang tauke di kampungnya seharga Rp. 3.500 perkilo.  Lahan jagung kurang dari 1 hektar yang ia garap ini pun bukanlah miliknya pribadi karena statusnya masih kepunyaan keluarga besarnya.

Abdul yang cuma bisa sedikit baca tulis ini punya keinginan yang tidak muluk-muluk.     Ia berharap anak-anaknya nanti bisa lulus SMA atau setingkatnya.

“Saya ingin hidup anak-anak lebih baik ke depannya, tidak seperti sekarang ini,” ujarnya dengan bahasa Indonesia yang agak terbata-bata seperti dikutip obsessionnews.com dari siaran BNN, Rabu (16/10).

Sosok seperti Abdul hanyalah contoh kecil masyarakat pedesaan di kawasan rawan narkoba yang berkeinginan untuk mengubah nasibnya menjadi lebih baik. Program Grand Design Alternative Development (GDAD) yang diluncurkan BNN melalui Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat sejak tahun 2016 hingga saat ini telah menyasar banyak masyarakat yang tinggal di sebagian wilayah Gayo Lues, Aceh Besar, dan Bireuen.  Program GDAD bukan hanya memberikan gambaran bahwa pemerintah hadir di tengah masyarakat namun juga sebagai upaya menumbuhkan sikap optimis masyarakat untuk kehidupan yang lebih baik.  Oleh karena itu keterlibatan berbagai elemen pemerintah dan masyarakat sangatlah diperlukan untuk menyukseskan program ini. (arh)

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.