Sabtu, 27 April 24

Tugu Equator Jadi Ikon Pariwisata

Tugu Equator Jadi Ikon Pariwisata

Pasaman, Obsessionnews – Kabupaten Pasaman Sumatera Barat (Sumbar) satu dari 19 kabupaten/kota di daerah itu yang berada di jalur garis khatulistiwa, tepatnya di Bonjol.

Tugu equator adalah salah satu objek wisata di Pasaman. Hari-hari tertentu objek wisata itu ramai dikunjungi. Selain mengabadikan tugu ekuator, pengunjung juga bisa mengabadikan tugu Tuanku imam Bonjol melihat peninggalan sejarah Pahlawan Nasional. Disana juga terdapat Rumah Adat Bergeronjong Tempat Museum Tuanku Imam Bonjol.

Lokasi energi panas bumi rimba panti
Lokasi energi panas bumi rimba panti

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit meminta Bupati Pasaman Yusuf Lubis tetap menjaga tugu equator sebagai salah satu ikon pariwisata di Pasaman. Pemerintah Kabupaten Pasaman diminta untuk membuat master plannya.

“Objek wisatanya tak usah banyak-banyak cukup satu tapi jadi,” kata Nasrul Abit ketika bersafari Ramadhan di Mesjid Taqwa Pasar Inpres Padang Gelugur, Jum’at (10/6) malam.

Tugu equato adalah salah satu kawasan objek wisata di Pasaman. Selain lokasi itu ada objek wisata lain yang layak untuk dikunjungi yaitu Rimba Panti. Di kawasan itu terdapat energi panas bumi (geothermal).

Wisatawan berfoto di jalur garis khatulistiwa bonjol
Wisatawan berfoto di jalur garis khatulistiwa bonjol

Musim Lebaran, lokasi itu menjadi pusat keramaian. Pengunjung bisa menikmati telur yang dimasak sendiri ke dalam air panas. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, telur sudah bisa disantap.

Mau coba, silahkan datang ke Rimba Panti, dan akan tahu bagaimana sensasinya menimati cagar alam sekaligus merebus telur. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.