Minggu, 8 Desember 19

Tiongkok Urutan Pertama Peminat Program Poros Maritim Jokowi

Tiongkok Urutan Pertama Peminat Program Poros Maritim Jokowi

Beijing – Di antara negara-negara yang menyatakan tertarik dengan program poros maritim Presiden Jokowi hanya negara Tiongkok lah yang menjadi peminat utama. Di urutan berikutnya ada Jepang dan  Korea Selatan.

“Semua tanyakan itu. Memang betul China yang ngebet untuk mengoneksikan, Jepang lalu Korea,” ujar Jokowi di Beijing, Tiongkok, Senin (10/11/2014) malam.

Program maritim Jokowi ini akan dibarengi dengan rencana pembangunan sejumlah infrastruktur yaitu pelabuhan, rel kereta api dan pembangkit listrik dengan kebutuhan anggaran yang tidak sedikit. Jokowi mengajak banyak negara untuk berinvestasi di Indonesia.

“Ini kunci. Kalau ini bisa dibuka dan bisa segera dilakukan secara paralel antara infrastuktur ini dengan industri, ini akan menggerakkan ekonomi,” ucap Jokowi

Selain itu, kata Jokowi poros maritim itu adalah rencana untuk mengkoneksikan pulau dengan pulau. Negara dengan negara lain, hingga kawasan dengan kawasan.

“Itu yang ditanyakan mereka agenda maritim. Saya jelaskan 2/3 Indonesia itu air, laut, samudera dan mereka semua punya kepentingan suatu saat untuk lewat di negara kita,” katanya. (Has)

 

Related posts