Sabtu, 27 April 24

Sudirman Said Harap MKD Dengar Suara Masyarakat

Sudirman Said Harap MKD Dengar Suara Masyarakat
* Sudirman Said.

Jakarta, Obsessionnews – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyerahkan sepenuhnya kepada Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) untuk memproses laporannya. Namun sebelum diputuskan, dia berharap MKD mau mendengarkan aspirasi publik.

“Pokoknya kita beri kesempatan, kita berharap MKD bekerja sebaik-baiknya mendengarkan suara masyarakat,” ujar Sudirman di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Sudirman akan menghadapi ancaman kubu Ketua DPR Setya Novanto yang akan melaporkan balik dirinya ke Bareskrim Polri. Laporan itu dilayangkan karena menganggap bukti rekaman yang diserahkan ke MKD tak utuh. Menanggapi hal itu, Sudirman enggan berkomentar.

“Saya-nya gak mau komentar saja. Supaya MKD (bekerja),” katanya.

Pengacara Ketua DPR Setya Novanto, Rudi Alfonso, memastikan pihaknya akan melaporkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said ke polisi karena telah merugikan kliennya. Laporan ke polisi akan disampaikan setelah tim hukum melakukan konstruksi pasal apa saja yang dilanggar Sudirman.

Sejauh ini, kata Rudi, tim hukum menduga ada tiga pelanggaran yang dilakukan Sudirman Said. Pertama adalah melakukan penyadapan atau perekaman percakapan secara diam-diam antara Novanto, pengusaha minyak Reza Chalid, dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin.

Kedua, pendistribusian isi rekaman itu dapat menyebabkan pencemaran nama baik terhadap Novanto. Lalu Ketiga, melakukan fitnah dengan menyebut Novanto dalam pertemuan itu mencatut nama Presiden dan Wapres, padahal kliennya mengaku tidak pernah melakukan hal itu.

Selain masih melakukan penelaahan secara hukum, Rudi juga masih menunggu bukti asli rekaman yang diserahkan Sudirman Said ke MKD. Jika ditemukan hal yang tak sesuai dengan percakapan asli, rekaman itu juga bisa menguatkan laporan yang akan disampaikan ke polisi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.