Sabtu, 27 April 24

Status Lanud Tabing Padang Naik Jadi Tipe B

Status Lanud Tabing Padang Naik Jadi Tipe B
* Yuyu Sutisna.

Padang, Obsessionnews – Status Pangkalan TNI AU (Lanud) Tabing, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) naik dari tipe C ke B. Perubahan status itu bersamaan pada acara serah terima jabatan Komandan Lanud Tabing Padang pada Selasa (12/1/2016).

Komando Operasional Angkatan Udara (Pangkoopsau) I Marsekal Pertama TNI Yuyu Sutisna mengatakan, status Lanud Tabing Padang ditingkatkan menjadi dari tipe C menjadi tipe B untuk memudahkan pengamanan terutama dari pulau-pulau terluar Indonesia di wilayah barat. Kemudian sebagai antisipasi dari kemungkinan adanya ancaman yang datang dari Samudera Hindia.

“Perubahan status itu lebih dari aspirasi daerah dan untuk memudahkan koordinasi,” kata Yuyu Sutisna saat acara ramah tamah pengantar tugas Danlanud Tabing Padang yang baru Kolonel Penerbang I Putu Gede Suartika di Auditorium Gubernuran Padang, Senin (11/1) malam.

Sementara itu, serahterima Danlanud Tabing Padang yang akan dilaksanakan Selasa (12/1) dari Danlanud Tabing Letkol pnb Moh Apon kepada Kolonel pnb I Putu Gede Suartika. Serahterima akan dilaksanakan di Lanud Tabing Padang.

“Biasanya sertijab dilaksanakan di Markas TNI AU di Jakarta, sekarang dilaksanakan di masing-masing daerah untuk memenuhi aspirasi dari daerah,” kata Yuyu Sutisna.

Terkait kenaikan status Lanud Tabing, jumlah personil akan ditambah. Selain personil sarana dan prasara yang dibutuhkan juga akan dipenuhi sesuai keburthan, termasuk latihan akan sering dilaksanakan.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar Ali Asmar mengatakan, status Lanud Tabing Padang dari tipe C ke tipe B menunjukkan bahwa wilayah Sumbar cukup strategis.

Ali Asmar menyebutkan, perubahan status Lanud Padang, sebelumnya didahului kenaikan status Lantamal Padang, kemudian Polda Sumbar dan Korem 032/Wirabraja.

“Jadi sekarang lengkap sudah perubahan status maskas TNI dan Polri yang ada di Sumbar,” ucap Ali Asmar.

Danlanud Tabing yang lama, Letkol Pnb Moh. Apon ditugaskan di Mabes TNI AU, sementara Danlanut Tabing yang baru Kolonel pnb I Putu Gede Suartia adalah senior dari pejabat lama. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.