Jumat, 26 April 24

Sos 4 Pilar, Sarmuji Sampaikan Dua Tantangan Besar Dihadapi Bangsa

Sos 4 Pilar, Sarmuji Sampaikan Dua Tantangan Besar Dihadapi Bangsa
* Sarmuji saat menggelar sosialisasi empat pilar di daerah pemilihannya di Desa Pojok, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. (Foto: Dok Pribadi)

Tulungagung, Obsessionnews.com – Anggota DPR Komisi XI M. Sarmuji mengatakan, saat ini bangsa Indonesia tengah diuji dua tantangan besar, termasuk negara-negara dunia.

Dua tantangan tersebut, yakni tantangan kesehatan karena pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia. Juga tantangan ekonomi karena pertumbuhan ekonomi yang anjlok gara-gara pandemi. Begitu juga Indonesia. Persoalan ini kata Sarmuji harus disikapi dengan serius.

Hal itu disampaikan Sarmuji saat menggelar sosialisasi empat pilar di daerah pemilihannya di Desa Pojok, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur pada Sabtu 11 September 2021 bersama para tokoh masyarakat.

“Saat ini Indonesia masih mempunyai dua tantangan yang harus bisa diselesaikan. Pertama harus bangkit dari pandemi, masyarakatnya semakin sehat, dan juga bangkit dari keterpurukan ekonomi,” ujar Sarmuji berpesan kepada seluruh hadirin.

Untuk bisa bangkit dari keterpurukan ekonomi, Sarmuji mengatakan, ada dua hal yang harus dilakukan. Pertama, kreativitas. Di tengah pandemi yang serba terbatas ini, masyarakat harus punya daya kreativitas tinggi untuk mencari uang dengan cara yang benar dan halal.

Misalnya, dalam mempromosikan prodak unggulannya, masyarakat harus lebih kreatif dengan memanfaatkan teknologi, serta jalin kerjasama dengan sejumlah pihak. “Karena saat ini sudah era teknologi, persaingan semakin ketat, apalagi di masa pandemi, mobilitas serba terbatas. Teknologi menjadi sangat penting.”

Selain itu, untuk masyarakat pedesaan, tetap bisa memaksimalkan lahan kosong untuk bercocok tanam. Jangan ragu dan jangan malu sekalipun masih muda. “Di Tulungagung ini masih cukupbanyak lahan kosong, dari pada terbengkelai, lebih baik digunakan untuk cocok tanam, untuk menjaga ketahanan pangan,” jelasnya.

Tidak lupa, untuk membangkitkan ekonomi masyarakat, kuncinya adalah gotong royong. Sifat tolong menolang ini adalah karakter asli bangsa Indonesia, maka sudah sepatutnya jika ada tetangga atau teman kesusahan ekonomi harus dibantu, didampingi, dan beritahu caranya agar bisa maju.

“Gotong royong menolong mereka tidak harus dengan uang. Bisa bantu promosikan produk mereka. Atau dikasih tahu bagaimana cara memulai bisnis yang benar, langkah seperti apa. Kasih teman dan saudara kalian ilmu yang manfaat, ajak mereka untuk maju bersama,” tandasnya.

Sarmuji yang juga menjadi Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur ini juga mendorong pemerintah untuk mempercepat vaksinasi di Tulungagung dan sekitarnya. Karena dengan vaksinasi, bisa memperkebal sesorang dari virus. Jika masyarakat sehat, maka ekonomi bisa cepat pulih.

Menyinggung sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Sarmuji mengatakan Empat Pilar MPR RI adalah pondasi untuk membangun bangsa.

“Karena itu kita terus mensosialisasikan agar masyarakat bisa memahami dan menyebarkan Pancasila sebagai ideologi negara, UUD Tahun 1945, merekatkan NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” jelasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.