Jumat, 26 April 24

Dana Pensiun

Dana Pensiun

Oleh: Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan

Saat ini total aset yang dikelola Industri Keuangan Non Bank sekitar Rp 2.279 triliun. Aset dana pensiun sebagai salah satunya berjumlah hanya Rp266 triliun atau 1,85% dari PDB. Jumlah dana yang sangat kecil. Di berbagai negara maju, pengelolaan dana pensiun berjumlah sekitar 70-100% dari PDB.

Dengan demografi Indonesia usia 30 tahun lebih banyak daripada usia di atas 50 tahun, pengelola dana pensiun memiliki kesempatan untuk mengumpulkan dana kelolaan kepada generasi milenial. Saat ini momen yang tepat untuk melakukan berbagai sosialisasi dan edukasi kepada generasi milenial untuk merencanakan kehidupan.

Ini adalah tantangan untuk dapat meningkatkan pengelolaan dana pensiun melalui pendekatan kepada generasi milenial.

Selain itu dengan dinamika ekonomi global berubah secara cepat, penting bagi para pengelola dana pensiun memiliki integritas, kompentensi, dan profesionalisme. Bisnis pengelolaan dana pensiun adalah bisnis yang menjaga amanah, oleh karena itu integritas adalah non negotiable.

Dalam situasi yang banyak mengalami perubahan seperti sekarang ini, pengelola dana pensiun penting dan perlu memahami arah ke depan dari perekonomian sebagai dasar untuk memutuskan untuk pemilihan instrumen investasi yang ada

Hal ini semua saya sampaikan pada acara seminar yang diadakan oleh Asosiasi Dana Pensiun Indonesia di Bidakara Jakarta pada hari Rabu 26 September 2018.

 

Sumber: Sri Mulyani Indrawati/Facebook

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.