Sabtu, 27 April 24

Seru Banget! Pulau Gili Surga Wisatawan

Seru Banget! Pulau Gili Surga Wisatawan
* Para peserta familiarization trip (famtrip) asal Dubai. (Foto: Dok Kemenparekraf)

Jakarta, Obsessionnews.comJika Anda melakukan perjalanan liburan ke Nusa Tenggara Barat (NTB), belum terasa lengkap kalau tidak singgah di tiga pulau Gili ini, yakni Trawangan, Meno, dan Air.

Sebab ketiga Gili ini merupakan surga dunia bagi para wisatawan yang berkunjung ke Lombok, baik domestik maupun asing. Gili atau pulau kecil ini, menawarkan keindahan alam yang asri dan suasana pulau pribadi lengkap dengan pesona alam bawah lautnya.

Dari keterangan tertulis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang diterima obsessionnews.com pada Rabu (11/12/2019), salah satu peserta familiarization trip (famtrip) asal Dubai Angelito De Guzman Villeza mengakui keindahan surga di bawah laut pulau Gili tersebut.

“Seru banget! Ini tempat snorkeling yang wajib dikunjungi. Airnya pun bersih. Kita bisa melihat dengan jelas terumbu karang dan beragam jenis ikan warna-warni. Tak bosan rasanya menikmati keindahan alam bawah laut di sini,” kata Videographer asal Dubai ini.

Begitu juga dengan Air Terjun Benang Setokel berada di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Dari Kota Mataram berjarak sekitar 30 km ke arah timur, atau bisa ditempuh dalam waktu lebih kurang 45 menit.

Air terjun ini berada di ketinggian 552 meter dari permukaan laut (mdpl), tepatnya di kawasan Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani. Dalam bahasa masyarakat setempat, Benang Stokel berarti segumpal benang. Nama ini diberikan karena bentuk air terjun tersebut menyerupai benang yang diikat menyatu.

Sekitar 500 meter ke arah hulu, terdapat juga destinasi serupa yakni Air Terjun Benang Kelambu. Air terjun ini keluar lewat celah-celah batu dan membentuk empat tingkatan yang dianggap menyerupai tirai atau kelambu. Untuk menuju air terjun ini, peserta famtrip harus melewati jalan setapak sejauh 1 km, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Mitos yang berkembang di kalangan masyarakat, Air Terjun Benang Kelambu menjadi tempat membersihkan diri Dewi Anjani. Yaitu makhluk gaib yang dipercaya sebagai penunggu Gunung Rinjani. Pada waktu-waktu tertentu, konon Dewi Anjani turun dari gunung kemudian mandi dan membersihkan rambutnya di Benang Kelambu.

Hal senada juga dikatakan oleh peserta famtrip lainnya Syed Ikram Shikooh dari Dubai Media. Dia mengatakan, destinasi wisata ini sangat luar biasa dan indah. Ikram mengaku, luar biasa dan keindahan itu dirasakan ketika dia mandi di kolam kecil di bawah air terjun sambil berenang dan bermain air.

“Rasa lelah yang timbul setelah menempuh perjalanan jauh, rasanya hilang seketika,” ujar Ikram.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran II Regional III Kemenparekraf Sigit Witjaksono mengatakan, peserta famtrip yang turut berkunjung ke Lombok NTB berjumlah delapan orang. “Sebelum ke Lombok, peserta terlebih dahulu berkunjung ke Pulau Dewata, Bali,” katanya.

Dia menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan destinasi Indonesia ke pasar Timur Tengah, khususnya Bali dan Lombok.

Menurut Sigit, kegiatan ini bisa membantu mempromosikan destinasi wisata di Indonesia lewat publikasi media di negaranya, baik cetak maupun online, dan juga media elektronik. ”Ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk memperkenalkan dan menjual destinasi Tanah Air kepada wisatawan mancanegara,” ujarnya.

Untuk diketahui, famtrip ini diselenggarakan oleh Kemenparekraf bekerja sama dengan KJRI Dubai dan VITO yang diselenggarakan mulai 1-8 Desember 2019. Peserta famtrip yang turut berkunjung ke Lombok NTB ini berjumlah delapan orang. Mereka adalah Mochammad Arif Ramadhan (Vice Consul), Ahmad Banu Mustafa (Technical Staff), Rasheed Arakkakattil (Marketing Bin Moosa Travel), Nour Aridi Indonesia (VITO), Angelito De Guzman Villeza (Travtalk, Videographer), Rania Salama Pinpoint Media (Edgar, Yachts Altitude Magazine), Sapna Aidasani (Social Media Influencer), dan Syed Ikram Shikooh (Dubai Media). (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.