Jumat, 19 April 24

Keren Nih! Kementerian PUPR Ekspor Perdana APKJ ke Timor Leste

Keren Nih! Kementerian PUPR Ekspor Perdana APKJ ke Timor Leste
* Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengekspor perdana Alat Pengukur Kekuatan Jalan (APKJ) ke Timor Leste, Selasa, 10 Desember 2019. (Foto: Kementerian PUPR)

Jakarta, Obsessionnews.com – Keren nih! Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Balitbang telah mengembangkan alat pengujian bernama APKJ (Alat Pengukur Kekuatan Jalan).  Alat ini di dunia  internasional disebut dengan nama FWD (Falling Weight Deflectometer). Teknologi APKJ telah diinisiasi sejak 2008 dengan melakukan penelitian prototipe APKJ untuk mendapatkan rangka alat dan sistem pembebanan.

APKJ tersebut pada Selasa, 10 Desember 2019 diekspor ke Ministerio das Obras Públicas, Transporte e Comunicações (Ministry of Public Works, Transportand Communication) Republik Demokratik Timor Leste. Hal ini merupakan bukti kepercayaan atas keandalan produk nasional yang dihasilkan oleh Pusjatan bekerja sama dengan PT Panairsan Pratama.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, produk-produk lokal bisa membanjiri pasar dalam negeri dan digunakan secara maksimal oleh para pelaku konstruksi Tanah Air.

“Kita ini memiliki 48 ribu kilometer jalan nasional, sehingga pasti butuh alat ini banyak. Dengan jumlah balai yang tersebar di 34 provinsi, satu balai pasti butuh lebih dari satu. Jadi kalau kita bisa pakai sendiri ya lebih bagus,” ujar Basuki.

Dikutip obsessionnews.com dari keterangan tertulis, Rabu (11/12), dalam kesempatan itu Basuki mengungkapkan, APKJ buatan lokal baru digunakan di beberapa balai besar/balai pelaksana jalan nasional atau di Dinas PU/Bina Marga Provinsi setempat seperti Palembang, Semarang, Makassar, Manado, Mataram dan Balikpapan.

Mewajibkan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Basuki akan mewajibkan penggunaan produk dalam negeri untuk berbagai kegiatan konstruksi terutama dalam pembangunan infrastruktur.

“Seperti aspal karet, itu saya dorong terus. Memang butuh konsistensi kebijakan untuk memanfaatkan produk dalam negeri. Kalau tidak, kita tidak bergerak memanfaatkan kalau sudah diekspor, kita sendiri harus pakai,” ucapnya.

Bukti Kepercayaan Atas Keandalan Produk Nasional

Dalam laporannya Plt Kepala Badan Litbang Kementerian PUPR Lukman Hakim menyampaikan sejak 2018 Direktorat Jenderal Bina Marga telah menggunakan APKJ untuk survei kondisi struktur perkerasan jalan, khususnya di lingkungan Balai Besar atau Balai Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah V Palembang, VII Semarang, XIII Makassar, dan XV Manado. Pada tahun 2019 BPJN IX Mataram dan BPJN XII Balikpapan juga menggunakan APKJ Pusjatan. Selain dari BBPJN V dan XIII, balai lainnya menggunakan APKJ milik Pusjatan.

”Pusjatan pada saat ini memiliki empat unit APKJ yang dapat dimanfaatkan untuk pelayanan advis teknis tersebut dan untuk keperluan penelitian perkerasan,” terangnya.

Ia mengatakan, dengan adanya permintaan dari Timor Leste untuk APKJ ini merupakan suatu bukti kepercayaan atas keandalan produk nasional yang dihasilkan oleh Pusjatan dan PT. Panairsan Pratama.

“APKJ Pusjatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar- besarnya bagi Republik Demokratik Timor Leste, di mana data kondisi struktural perkerasan jalan dapat diperoleh dalam waktu relatif singkat, terpercaya, praktis, efisien, efektif dan ekonomis sesuai dengan kebutuhan,” paparnya.

Saat ini sudah ada permintaan dari berbagai negara untuk FWD BIMA, misalnya dari India dan Srilanka, khususnya India sudah mempunyai standar teknis yang mensyaratkan semua district (kabupaten/kota) di India harus menggunakan FWD untuk pekerjaan survei jalannya.

“Semoga Indonesia juga mempunyai standar teknis serupa terkait survei jalan dalam menggunakan FWD, mengingat pentingnya output yang dihasilkan FWD ini dalam memberikan data lendutan jalan secara cepat,” tandasnya..

Hadir pada kesempatan tersebut Irjen Kementerian PUPR Widiarto, Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Eko D. Heripurwanto, Dirjen Bina Marga Sugiyartanto, Dirjen Cipta Karya Danis H. Sumadilaga, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Keterpaduan Pembangunan Achmad Gani Ghazali Akman, Kepala Puslitbang Jalan dan Jembatan, Dedet P. Sjamsudin, Sekretaris Balitbang Herry Vaza. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.