Minggu, 28 April 24

Sepuluh Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus Pernikahan di Australia

Sepuluh Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus Pernikahan di Australia
* Bus terguling saat berbelok di bundaran di kawasan anggur Australia pada Minggu (11/6/1023) malam (EPA/BBC)

Sedikitnya 10 orang tewas dan lebih dari 20 lainnya dirawat di rumah sakit setelah sebuah bus pernikahan jatuh di kawasan anggur Australia.

Para penumpang kembali dari pesta pernikahan di kilang anggur pada Minggu (11/6/1023) malam ketika bus yang ditumpangi mereka terbalik di Wine County Drive dekat Greta di Hunter Valley, New South Wales.

Polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki keadaan di sekitar kecelakaan itu. Pengemudi bus, seorang pria berusia 58 tahun, telah ditangkap.

Penjabat Asisten Komisaris Polisi NSW Tracy Chapman mengatakan, para tamu bepergian ke Singleton “mungkin untuk akomodasi mereka”.

Tabrakan itu terjadi sekitar pukul 23.30 waktu setempat,  bus terguling saat berbelok di bundaran dari jalan raya.

Jumlah kematian bisa meningkat, dengan 25 penumpang dibawa ke rumah sakit,  dua di antaranya diterbangkan dari kecelakaan itu, kata Chapman.

Dia menambahkan bahwa bus masih miring dan orang-orang dapat terperangkap di bawahnya, dan sebuah derek akan dibawa ke lokasi “pada tahap tertentu” untuk mengangkat bus.

Chapman mengatakan ada “informasi yang cukup” bagi polisi untuk menuntut sopir bus, yang juga dikirim ke rumah sakit dan dirawat karena luka ringan. Sopir bus yang tabrakan bakal ditahan dan dikenakan dakwaan.

Menurutnya, ada kabut tebal di daerah sekitar waktu kecelakaan tersebut.

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengatakan “sangat kejam, sangat sedih dan tidak adil” untuk “hari yang menyenangkan di tempat yang indah seperti itu berakhir dengan hilangnya nyawa yang begitu mengerikan”.

“Orang-orang menyewa bus untuk pernikahan agar tamu mereka tetap aman, dan itu menambah sifat tak terbayangkan dari tragedi ini,” katanya pada konferensi pers di Canberra.

Albanese mengatakan beberapa penumpang yang terluka berada di Rumah Sakit John Hunter, tetapi banyak yang telah diterbangkan ke Sydney.

Perdana Menteri NSW Chris Minns mengatakan hilangnya begitu banyak nyawa “sangat memilukan”.

“Untuk kecelakaan mengerikan ini terjadi pada hari yang seharusnya dipenuhi dengan cinta dan kebahagiaan hanya menambah kesedihan,” kata dia.

“Untuk satu hari penuh kegembiraan berakhir dengan kehilangan yang menghancurkan seperti itu memang kejam. Pikiran kami juga untuk mereka yang terluka,” tambahnya.

Hunter Valley terkenal dengan kebun anggur dan padang semak asli, menjadikannya tempat populer bagi turis anggur dan tamasya kelompok.

Seorang tamu di pesta pernikahan mengatakan hari itu adalah “dongeng” sampai berita kecelakaan itu tersiar.

“Kami semua mulai panik,” katanya kepada 7 News.

Polisi mengatakan mereka masih bekerja untuk mengidentifikasi korban kecelakaan dan menghubungi kerabat terdekat mereka.

“Keluarga dan teman-teman dari seseorang yang mungkin berada di dalam bus didesak untuk menghubungi Kantor Polisi Cessnock,” kata mereka dalam sebuah pernyataan seperti dilansir BBC. (BBC/Red,)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.