Minggu, 5 Mei 24

Semarak, Ribuan Warga Saksikan Pawai Telong-Telong

Semarak, Ribuan Warga Saksikan Pawai Telong-Telong

Padang, Obsessionnews.com – Pada 7 Agustus 1669, Kota Padang, Sumatera Barata (Sumbar) berhasil dikuasai dari tangan penjajah. Kolonial Belanda yang saat itu berkuasa, dibuat bertekuk lutut.

Berkat kepintaran para pejuang yang mengelabui penjajah kolonial. Masyarakat Pauh dan Koto Tangah berhasil menguasai Loji-Loji Belanda di Muaro, Padang. Peristiwa tersebut ditetakan sebagai tahun lahir kota Padang.

Dalam rangka memperingati lahir Kota Padang, Sabtu (6/8) malam, Pemerintah Kota Padang menggelar kegiatan pawai telong-telong (obor). Pawai yang diadakan di kawasan objek wisata Danau Cimpago, Pantai Padang itu disaksikan ribuan warga.

Pawai telong-telong disemarakkan dengan kendaraan hias dengan berbagai bentuk terdiri 11 Kecamatan dan 104 Kelurahan.

Masyarakat yang menyaksikan sangat antusias dengan kegiatan yang diadakan oleh Pemko Padang tersebut, bahkan tidak hanya warga Kota Padang yang menyaksikan, turis mancanegara juga tak luput dari rasa kagum melihat pertunjukan yang ditampilkan.

Pawai telong-

Menurut Walikota Padang Mahyeldi, ini merupakan peringatan bersejarah, bagaimana tidak, pada 7 Agustus 1669, dalam pergolakan yang hebat, warga Kota Padang mampu menaklukkan Belanda, dengan kerjasama serta hanya menggunakan telong-telong.

“Tanpa senjata, warga Kota Padang berhasil mengelabui Belanda, sehingga peringatan bersejarah tersebut menjadi momentum yang tak terpisahkan dari Kota Padang,” ujar Mahyeldi.

Tambahnya, dengan menilik dari sejarah tersebut, kita warga Kota Padang yang ada saat ini dapat mengambil makna yang dari perjuangan itu, yakni bekerjasama dalam membangun Kota Padang.

Sementara itu, Staff Ahli Gubernur Bidang Pemerintah Setdaprov Sumbar, Jefrinal Arifin yang hadir dalam kesempatan tersebut mewakili Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno sangat mengapresiasi kinerja Pemko Padang dalam membangun Kota Padang terutama dalam hal kepariwisataan dengan tampak indah dan bersih Pantai Padang saat ini.

Selain itu, Jefrinal menambahkan, sejarah Kota Padang dapat dijadikan inspirasi dalam membangun Kota Padang kedepannya, karena semangat Pemko dan masyarakat harus saling bersinergi dalam beberapa sektor untuk perkembangan Padang kedepan. (Musthofa dari Padang/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.