Jumat, 26 April 24

Seluruh Kloter Haji Gelombang I Telah Diterbangkan ke Tanah Air

Seluruh Kloter Haji Gelombang I Telah Diterbangkan ke Tanah Air
* Sejumlah jemaah Indonesia tampak antusias saat berada di komplek Masjid Nabawi di Madinah. (Foto: Kemenag)

Jeddah, Obsessionnews.com –  Pemulangan gelombang pertama jemaah haji Indonesia melalui Bandara King Abdulaziz Jeddah telah berakhir. Kelompok terbang (kloter) 07 Debarkasi Banjarmasin (BDJ) menjadi kloter pamungkas meninggalkan Bandara Jeddah pada Minggu (9/9/2018) dini hari. Media Center Haji (MCH) Daerah Kerja (Dasker) Bandara melaporkan dengan demikian seluruu kloter gelombang I telah diterbangkan ke Tanah Air.

Dikutip Obsessionnews.com dari situs Kementerian Agama (Kemenag), Senin (10/9), pelaksana tugas Perlindungan Jemaah Sektor Dua Daker Bandara, Ubaidillah, menjelaskan, jemaah terakhir rombongan kloter sudah memasuki gerbang bandara untuk menjalani pemeriksaan keimigrasian pada Sabtu (8/9) sekitar pukul 22.00 WAS. Para jemaah kemudian menunggu pemberangkatan pada Minggu (9/9) sekitar pukul 01.30. Kloter itu membawa sebanyak 325 jemaah ke Tanah Air.

Kepala Seksi Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan Jamaah Daker Bandara, Muhammad Syarif menambahkan, hingga Minggu (9/9) sejak Sabtu (8/9) bertolak sebanyak lima kloter atau 5 penerbangan dengan jumlah sebanyak 1.916 penumpang terdiri dari jemaah haji sebanyak 1.891 orang dan petugas kloter 25 orang.

Secara keseluruhan yang telah diberangkatkan dari Bandara Jeddah hingga kloter terakhir itu sebanyak 218 kloter yang mengangkut 88.944 penumpang. Rinciannya, jemaah haji sebanyak 87.853 orang dan petugas kloter 1.091 orang.

Jumlah jemaah per kloter yang dipulangkan juga berkurang dibandingkan saat mereka tiba sehubungan ada anggota kloter yang wafat dan dimakamkan di Tanah Suci. Sebagian kursi dari 126 jemaah yang wafat tersebut digantikan jemaah yang ditanazulkan alias dipulangkan lebih cepat sehubungan penyakit yang diderita. Pihak Tim Mobile Kesehatan Daker Bandara mencatat sebanyak 103 jemaah sakit ditanazulkan sepanjang gelombang pertama keberangkatan.

“Alhamdulillah dengan telah selesainya pendorongan Kloter BDJ-007 ke tanah air, maka selesailah pula pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang pertama,” kata Daker Bandara Arsyad Hidayat saat dihubungi di Madinah, Ahad (09/09). Ia mengatakan, proses pemulangan gelombang pertama dari Jeddah dapat diselesaikan dengan lancar dan tak menemui kendala yang berarti.

Kepulangan terakhir jemaah gelombang pertama semalam juga berbarengan dengan kepulangan perdana gelombang kedua di Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz Madinah. Sehubungan hal itu petugas Daker Bandara bekerja secara simultan di kedua bandara tersebut. Kepulangan terakhir dari Jeddah diawasi Sekretaris Daker Bandara, Abdillah, sementara kepulangan perdana di Madinah diawasi Kadaker Bandara.

“Ada lebih dari 100 ribu jemaah yang masih berada di Madinah dan akan dimulai pemulangannya pada malam ini. Kita hanya menyela nafas sebentar langsung bersiap untuk pemulangan jemaah haji gelombang kedua melalui bandara Madinah,” kata Arsyad. Ia menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya pada anggota Daker Bandara baik dari unsur Kemenag atau Kementerian Kesehatan dan perlindungan jemaah dalam menyelesaikan tugas pelayanan pemulangan gelombang pertama. (red/arh)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.