Jumat, 26 April 24

Selamat, KSAD Dapat Medali Kehormatan dari AS

Selamat, KSAD Dapat Medali Kehormatan dari AS
* Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa mendapat anugerah bergengsi, yakni medali The Legion of Merit, degree of Commander dari pemerintah Amerika Serikat (AS). (Foto: Dokumen Angkatan Darat)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa mendapat anugerah bergengsi, yakni medali The Legion of Merit, degree of Commander dari pemerintah Amerika Serikat (AS).

“Sertifikat penghargaan tersebut ditandatangani langsung oleh Menteri Pertahanan AS,” jelas Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Candra Wijaya keterangan tertulisnya, Selasa (4/2/2020).

Medali kehormatan itu disematkan secara langsung oleh Jenderal James C McConville, Kepala Staf Angkatan Darat AS, pada ­upacara resmi penyambutan Jenderal Andika Perkasa di Whipple Field, Arlington, AS, pada (30/1/2020).

Dalam sertifikat medali The Legion of Merit, degree of Commander itu disebutkan bahwa pada masa jabatannya sebagai KSAD, Jenderal Andika Perkasa dinilai telah banyak memberikan pengabdian yang luar biasa baik di dalam negeri maupun ­hubungan angkatan darat antarnegara, ­khususnya dengan Angkatan Darat AS.

“Kerja sama tersebut telah memperkuat hubungan kedua ­angkatan darat sehingga memberikan kontribusi positif bagi stabilitas keamanan di kawasan Indo-Pasifik,” jelas Candra.

Disebutkan pula, atas inisiatif Jenderal Andika Perkasa, telah dimulai program pertukaran latihan satuan angkatan bersenjata. Misalnya, pada November 2019 dan pengiriman satuan TNI-AD yang lebih besar untuk berlatih di Joint Readiness Training Center (JRTC) Fort Polk, Louisiana, AS, pada November 2020.

Beliau juga, sambung Candra, memberikan dukungan bagi ­penguatan kerja sama satuan helikopter Apache, Skuadron 11/Serbu Penerbad dengan US Army 16 Combat Aviation Brigade.

Pada akhirnya, upaya dan inisiatif yang dilakukan selama ini telah menjadikan hubungan kedua angkatan darat semakin erat, baik pada tingkat individu maupun kesatuan.

“Ini bagian dari upaya ­pemberdayaan kemampuan dan kekuatan militer kita, khususnya di matra AD,” tukasnya.

Medali The Legion of Merit, urai Candra, dianugerahkan ­dalam ­empat tingkatan (degree), yaitu chief commander degree, commander degree, officer degree, dan legionnaire degree. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.