Senin, 29 April 24

Sejarah Singkat Peringatan Hari Kostrad

Sejarah Singkat Peringatan Hari Kostrad
* Ilustrasi Kostrad AD (foto: istimewa)

Obsessionnews.com – Hari Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat atau Hari Kostrad diperingati setiap 6 Maret. Di tahun 2024 ini Kostrad memperingati usianya ke-63 tahun.

Merangkum dari berbagai sumber, Hari Kostrad adalah salah satu kesatuan an­dalan TNI yang merupakan bagian dari Bala Pertahanan Pusat. Yang mana dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, demikian dikutip dari situs TNI Angkatan Darat.

Hari Kostrad ini juga secara resmi dibentuk pada 6 Maret 1961. Berdasarkan surat keputusan Men/pangad No. ML/KPTS 54/3/1961.

Mengutip dari situs kostrad.mil.id, setelah diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, kericuhan itu muncul. Baik dari dalam maupun dari luar negeri, untuk menghancurkan NKRI yang ditandai dengan terjadinya beberapa peristiwa di tanah air.

Yaitu, rongrongan yang berusaha menggantikan ideologi Pancasila dan UUD 45. Mulai dari Penghianatan PKI Muso di Madiun pada 1948, hingga Pemberontakan PRRI/Permesta di Sumatra Barat dan Sulawesi 1958.

Selanjutnya, Indonesia telah pembentukan Komando Daerah Militer (Kodam) hampir di provinsi. Namun, pada saat itu masih bersifat teritorial dengan kemampuan terbatas.

Terdiri dari Komando Daerah Militer (Kodam), Komando Resor Militer (Korem), Brigade dan Batalyon. Menjelang akhir 1960, pimpinan Angkatan Darat (AD) menganggap perlu membentuk satuan militer yang bersifat mobil berkemampuan lintas udara (linud).

Satuan tersebut dapat siap tempur dan menjalankan tugas di seluruh tanah air. Maka dari itu, dibentuklah Cadangan Umum Angkatan Darat (CADUAD) melalui melalui Surat Keputusan Kasad No. KPTS.1067/12/1960.

Sebagai informasi, gagasan pembentukan Cadangan Umum berasal dari Kasad Jenderal AH Nasution, yang saat itu menjabat Kasad (Kepala Staf Angka­tan Darat). Kemudian pada awal 1961 tepatnya pada 6 Maret 1961 diresmikanlah Cadangan Umum Angkatan Darat (CADUAD).

Yakni, dengan Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Soeharto ditunjuk menjadi Panglima Korra I CADUAD. Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Achmad Wiranata Kusuma juga dipercayakan sebagai kepala staf dengan personil Korra I CADUAD.

Yang mana bertugas di Komando Daerah Militer (Kodam) serta dari pendidikan dasar masing-masing kecabangan. Berdasarkan Surat Keputusan Kasad Nomor KPTS 178/2/1963 19 Februari 1963.

Hal tersbeut direalisasi dengan Surat Keputusan Kasad Nomor KPTS.1067/12/1960. Diputuskan bahwa Korra I CADUAD resmi berubah nama menjadi Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad).(HAS) 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.