Sabtu, 14 Desember 19

Sebagai Eks Napi, Ahok Bisa Pimpin BUMN

Sebagai Eks Napi, Ahok Bisa Pimpin BUMN
* Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Foto: Twitter @basuki_btp)

Jakarta, Obsessionnews.com – Nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang dikabarkan akan memimpin badan usaha milik negara (BUMN) mulai dipersoalkan. Meski baru sebatas wacana, namun penunjukan Ahok ini menimbulkan pertentangan pendapat di kalangan publik.

 

Baca juga:

Luhut Kasih Bocoran Soal Jabatan Ahok Sebagai Petinggi BUMN

Dikabarkan Mau Jabat Dirut BUMN, Ahok: Kalau Untuk Negara Saya Siap

Ahok Sampaikan Belasungkawa Atas Meninggalnya Arifin Ilham

 

Yang menjadi dasar perdebatan publik adalah status Ahok sebagai mantan narapidana. Mantan gubernur DKI ini pernah divonis dua tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara lantaran terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana penodaan agama.

Dalam pasal 45 ayat (1) UU No 19 tahun 2003 tentang BUMN, hanya memberi larangan menjadi calon direksi BUMN bagi seseorang yang pernah melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara. Artinya larangan itu hanya berlaku bagi terpidana kasus korupsi.

Berikut bunyi pasal tersebut:

“Yang dapat diangkat sebagai anggota Direksi adalah orang perseorangan yang mampu melaksanakan perbuatan hukum dan tidak pernah dinyatakan pailit atau menjadi anggota Direksi atau Komisaris atau Dewan Pengawas yang dinyatakan bersalah menyebabkan suatu perseroan atau Perum dinyatakan pailit atau orang yang tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara.”

Dengan demikian, meski memiliki predikat mantan narapidana, Ahok dimungkinkan untuk menjabat sebagai petinggi di perusahaan BUMN. Oleh karenanya, tidak masalah bila Menteri BUMN Erick Thohir mempercayakan salah satu BUMN ke tangan Ahok. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.