Sabtu, 4 Mei 24

Saatnya Anak Rusun ‘Ujuk Gigi’ di Jakarta Rusun Festival 2016

Saatnya Anak Rusun ‘Ujuk Gigi’ di Jakarta Rusun Festival 2016

Jakarta – Kompetisi sepakbola di Jakarta Rusun Festival (JRF) 2016, bukan sekedar ajang ‘perlombaan’ biasa. Kini proses penyisihan grup yang melibatkan tidak kurang dari 400 anak muda berbakat rusun (rumah susun) yang tersebar di seluruh Kota Jakarta, telah mengerucut memasuki babak baru perempat final. Itu artinya, persaingan untuk merebut tiket menuju Spanyol kian memanas.

Dalam proses penyisihan, tiap tim yang terbagi dalam empat grup ini terlihat saling menunjukan kualitasnya, bahkan tidak sedikit dari pertandingan yang tersaji dalam kompetisi ini berjalan sangat sengit.

anak-rusun-2

Tahun ini, anak-anak rusun jauh lebih siap mengikuti kompetisi karena terus berlatih setiap hari untuk bisa mengikuti JRF 2016, “ajang ini sangat dinanti apalagi oleh anak-anak yang ingin menunjukan talentanya baik itu dibidang seni maupun olahraga, dalam hal ini sepakbola,” jelas Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta, Arifin.

Ia melanjutkan, ajang ini bahkan bukan sekedar kompetisi belaka. Akan tetapi JRF 2016 adalah wadah ‘penyambung’ mimpi anak-anak rusun.“Jangan heran kalau suatu saat ada pemain bola profesional di Indonesia yang berasal dari rusun. Ajang ini seperti bisa menumbuhkan mimpi mereka. Coba Anda bayangkan, yang tadinya mereka tidak pernah kebayang sama sekali bisa ke Spanyol, sekarang bisa. Malah tidak cuma berkunjung mereka disana juga bisa ikut latihan bersama dengan orang-orang sepakbola profesional lho, sehingga nantinya yang ada dibenak mereka itu akan jauh berkembang. Memikirkan, bagaimana cara menjadi pemain sepakbola yang berkualitas,” sambung Arifin

anak-rusun-3

Sementara itu, Koordinator Sepakbola JRF 2016 Andhika Suksmana menegaskan kualitas pemain dalam kompetisi kali ini sudah jauh meningkat, ketimbang tahun sebelumnya.

“Babak perempat final, yang dilaksanakan pada hari ini jelas akan menyajikan partai yang sengit. Apalagi tim juara bertahan Daan Mogot juga berhasil lolos, saya kira ini bakal menjadi penyemangat tersendiri di kompetisi ini. Dan bisa kita jamin pula, delapan tim yang masuk babak baru ini memiliki peluang yang sama untuk menang, karena kualitas mereka juga tidak bisa diragukan sama sekali,” jelas Andhika

anak-rusun-4

Yang tidak kalah penting juga pada JRF 2016, pihak panitia juga menekankan untuk saling menanamkan sikap kekeluargaan, persahabatan sekaligus fairplay kepada seluruh orang yang terlibat dalam kompetisi ini, tidak hanya pemain akan tetapi juga untuk para supporter.

“Tidak jarang kami memanggil mereka setelah pertandingan usai, untuk mengkoreksi apabila memang ada ketegangan di lapangan, jadi semua masalah bisa selesai di tempat dan semua menjadi damai kembali,”  tandas Andhika

anak-rusun-5

Adapun tim yang lolos keperempat final adalah, Daan Mogot, Flamboyan (Grup A), Jatinegara Barat, Jatikaum (Grup B), Marunda B, Muara Baru (Grup C) dan Pinus Elok, Pulo Gebang (Grup D).  Pertandingan akan kembali dilanjutkan Minggu, 16 Oktober 2016 di GOR Soemantri Brodjonegoro (GSMB) Kuningan Jakarta Selatan. Kick off pertama dimulai pukul 13.00 – selesai.

Dari tim kesenian juga sedang melakukan persiapan menuju final, anak-anak ini diberi tema tarian Betawi mereka dipandu oleh Deny Malik. Kompetisi ini juga menjawab kerinduan seni tari akan kompetisi hampair 15 tahun sudah tidak ada. ini juga menjadi kabar gembira bagi para pelaku seni karena masih ada generasi muda yang tertarik akan seni tari. Bakat anak-anak rusun ini bisa disaksikan pada malam final yaitu 23 Oktober mendatang.

anak-rusun-6

Jakarta Rusun Festival (JRF) 2016 merupakan acara yang di dukungan penuh oleh Pemprov DKI Jakarta, Yayasan Cahaya Kasih Tunas Bangsa (YCKTB) bersama Adamantis Production dan Footballicious. JRF 2016 merupakan kompetisi sepakbola dan seni bagi anak-anak rusun di Jakarta. Sebelumnya, festival ini bertajuk Jakarta Football Festival Rusun Cup (JFFRC).

JRF 2016 yang diselenggarakan pada Oktober-November, dimaksudkan untuk menjadi wadah bagi anak-anak rusun yang tinggal di 22 Rusunawa di DKI Jakarta untuk menyalurkan potensinya di bidang olahraga (sepakbola), seni, maupun budaya.

anak-rusun-7

Pada 2015 saat kompetisi itu masih bertajuk JFFRC sebanyak 12 anak rusun berangkat ke Barcelona dan Madrid untuk melihat tempat latihan para pemain dunia serta berkesempatan bertanding dengan klub junior Inter Espana di Madrid dan untuk tahun ini, pemenang kompetisi sepakbola juga akan mendapatkan hal serupa, yaitu diterbangkan ke negeri matador tepatnya ke kota Valencia. (Ali)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.