Rabu, 12 Agustus 20

Rumah Sakit di Garut Siap Tampung Pasien Virus Corona

Rumah Sakit di Garut Siap Tampung Pasien Virus Corona
* Rumah Sakit (RS) dr Slamet di Kabupaten Garut, Jawa Barat. (Foto: kutulis.id)

Jakarta, Obsessionnews.com – Rumah Sakit (RS) dr Slamet di Kabupaten Garut, Jawa Barat, siap menampung pasien yang terinfeksi virus corona.

 

Baca juga:

Cegah Masuknya Virus Corona, Ini yang Dilakukan Pemerintah Indonesia

Langkah Ini Diperlukan Untuk Cegah Masuk Virus Corona ke Indonesia

Cegah Virus Corona, Pemerintah Harus Optimalkan LBM Eijkman

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut dr Maskut Farid MM mengatakan, Garut telah berpengalaman dalam menangani kasus wabah, salah satunya Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Kini RSUD dr Slamet ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan pasien dengan gejala virus corona.

“Nah, saat ini sudah ada semuanya tinggal kita aktifkan saja. Kami pun siaga Coronavirus,” kata Maskut kepada sejumlah wartawan di kantor Bupati Garut, (28/1/2020).

Ia menjelaskan, SARS dan Virus Corona baru hampir mirip, sama-sama menyerang melalui udara, masuk lewat pernapasan, dan menyerang paru-paru. Bahkan, menurut dia, SARS lebih mematikan dibanding Virus Corona.

“Jadi penanganannya sama. Ditangani jangan sampai paru-parunya infeksinya menyebar sehingga virusnya mati, paru-parunya sembuh,” ujarnya Maskut.

Tidak hanya menyiapkan rumah sakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut pun memberikan pelatihan kepada tenaga medis agar mereka tidak tertular.

“Jangan sampai si tenaga medisnya ini kena tular. Jadi sudah dilatih bagaimana menangani pasien dengan baju lengkap. Mereka juga harus mandi dulu sebelum masuk, keluar juga mandi dulu,” tandasnya.

Berdasarkan pantauan obsessionnews.com berita kesiapan RS di Garut menampung pasien virus corona tersebut menjadi trending topic di mesin pencari Google. Di Google Trends wilayah Indonesia pada Rabu (29/1) pagi berita tersebut ditelusuri lebih dari 5.000 kali. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.