Senin, 29 April 24

Ridwan Kamil: Keluarga Harus Mampu Jadi Penyeimbang

Ridwan Kamil: Keluarga Harus Mampu Jadi Penyeimbang

Bandung, Obsessionnews – Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan Orang tua harus menjadi penyeimbang dinamika pergaulan yang dialami anak-anaknya. Hal itu dingkapkan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, pada peringatan Hari keluarga nasional (Harganas) XXII  Kota Bandung, Selasa (1/9), di Balai Sartika, Jalan Suryalaya Buahbatu, Bandung.

Menurut Emil anak usia  remaja kerapkali  kebingungan mencari pijakan nilai-nilai, sehingga  peran orang tua sangat penting untuk memberikan nilai moral seperti agama, pendidikan dan etika.

emil harganas-2

“Kalau di luar rumah banyak tarik menarik dengan dinamika sosial pergaulan, pas pulang ke rumah keluarga harus jadi penyeimbang agar fondasinya kuat,” ujar Emil.

Emil menambahkan yang menjadi kekhawatiran orang tua kepada anak-anaknya adalah mereka menjadi anak yang tidak baik dan merugikan orang lain, sehingga di Pemerintah Kota Bandung  dikampanyekan penguatan keharmonisan keluarga, salah satunya dengan cara banyak menghabiskan waktu bersama anak.

emil harganas-3

Ia mencontohkan, selain mengobrol dan berdiskusi dengan anaknya, kerapkali juga memeluk kedua anaknya minimal dua puluh detik setiap harinya.

“Prilaku itu akan  membantu meningkatkan hubungan  kejiwaan orang tua dan anak,” tandasnya. Selain itu, ujar Emil ajaklah anak untuk shalat berjamaah, sehingga keteladanan orangtua harus dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari, bahkan ajak anak untuk berdialog bercerita nilai-nilai kebaikan, sehingga mereka bisa merujuk nilai-nilai yang disampaikan yang ada dikeluarga, sehingga ketika diluar dari rumah mereka lebih kuat,” pungkasnya. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.