Jumat, 26 April 24

Ria Miranda Desainer yang Pantang Menyerah

Ria Miranda Desainer yang Pantang Menyerah
* Ria Miranda, Designer & Creative Director RiaMiranda. (Foto: Women’s Obsession)

 

Militansi Anggota Komunitas

Pembelajaran dan evaluasi terus dilakukan dari tahun ke tahun. Setiap divisi dari desain, sales, marketing, produksi memiliki deadline dan saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Karena sudah ada head-nya masing-masing, dia lebih mengatur irama kerja, agar tepat waktu deadline dan mengontrol semua divisi berjalan dengan baik.

Founder RiaMiranda ini memaparkan, “Saya dan suami memberikan kepercayaan penuh ke tim manajemen masing-masing divisi, semua harus belajar mencari solusinya sendiri. Kalau sudah mentok baru kami turun tangan. Saya tentunya tidak bisa full time terus-menerus terlibat secara langsung, apalagi anak-anak sekarang sudah ada tiga. Saya bersyukur karyawan semakin solid dan ikut merasa memiliki perusahaan ini juga.”

Mengenai sistem kepemilikan outlet, untuk area Jakarta sepenuhnya di-manage oleh timnya. Termasuk di Medan, Malang, dan Surabaya. Sementara di luar itu lebih memakai sistem partnership. Dia merasa harus ada sosok yang mewakili dirinya untuk outlet di luar kota. Pendekatan strategi bisnisnya lebih fokus ke customer. Mereka di-treat layaknya seperti sahabat atau keluarga, lalu jika mau berlama-lama di butik juga tetap akan dilayani, sehingga mereka pun loyal terhadap brand ini.

Ria berterus terang kekuatan dari bisnisnya bisa berujung sukses, tak lain karena adanya militansi konsumen yang tergabung dalam komunitas Ria Miranda Loyal Community (RMLC). Jika dia tidak melansir koleksi baru akan kena tegur anggota komunitas. Mengenai awal terbentuknya, ini tak lain karena pelanggan di butik saling bertemu kemudian terjalinlah bersahabat.

“Mereka memang membuat sendiri komunitas ini dan setelah diketahui manajemen kemudian didukung penuh dengan meresmikan RMLC pada tahun 2014. Kartu keanggotaan maupun aplikasinya juga difasilitasi,” ujarnya.

Ria berterus terang kekuatan dari bisnisnya bisa berujung sukses, tak lain karena adanya militansi konsumen yang tergabung ada dalam komunitas RMLC . Sehingga saat diadakan kegiatan bermanfaat seperti sharing session dengan bermacam tema, mereka pun terkomunikasikan.

Pertumbuhan komunitas ini sendiri tumbuh secara organik di setiap kota yang ada cabang butik Ria Miranda. Memiliki basis massa yang cukup banyak membuat perusahaan-perusahaan e-commerce besar maupun fashion brand dalam dan luar negeri tertarik berkolaborasi dengannya.

Halaman Selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.