Senin, 20 Mei 24

Praktek Liberal

Praktek Liberal
* KH Luthfi Bashori

Oleh: KH. Luthfi Bashori, Pengemban Dakwah 

Liberal itu artinya bebas. Kalau liberal di dalam politik, berarti politik tersebut bebas tanpa aturan terkait dengan kenegaraan. Para politikus itu bebas, mau berbuat apa saja dan boleh dinisbatkan kepada pemerintahan.

Sedangkan liberal dalam dunia perdagangan/perekonomian, maka dunia perdagangan yang liberal ini tidak ada aturan. Setiap orang yang berjualan bisa menentukan harganya sendiri-sendiri, mau dinaikkan, mau diturunkan, tidak ada aturan. Bahkan diatur oleh Syariat pun tidak mau.

Jadi aturan perdagangan atau niaga, dalam perekonomian liberal itu dianggap tidak ada sama sekali. Artinya sama saja dengan “Apa mau gue”, kata orang sekarang.

Demikian juga di kalangan mereka yang anti Syariat, maka yang mereka maksud dengan Liberalisme dalam perdagangan adalah perekonomian yang tidak mau diatur oleh Syariat, mau menerapkan sistem ribawi pun dianggap bebas-bebas saja, dan seperti ini yang sekarang terjadi dimana-mana.

Demikian juga dalam banyak hal, di dalam kehidupan bermasyarakat, kalau namanya umat Islam itu seharusnya dibangun atas dasar aturan Syariat yang diturunkan oleh Allah (SWT) kepada Rasulullah (SAW) yang wajib diamalkan oleh seluruh umat Islam yang menjadi pengikut Rasulullah SAW, tapi kalau aliran Liberal itu tidak mau, kebanyakan apa yang mereka sukai akan mereka ambil, dan yang mereka tidak sukai, karena terikat dengan aturan Syariat, maka akan mereka abaikan, mereka tinggalkan, bahkan dengan berbagai kamuflase mereka berupaya untuk merubah aturan Syariat itu menjadi aturan yang sesuai dengan kepentingan manusia, khususnya manusia yang berpikiran liberal.

Begitulah yang namanya Liberalisme. Ini tentunya sangat merusak, baik itu merusak aqidah umat Islam. Kalau dalam kenegaraan, akan merusak tata kenegaraan, karena mereka tidak mau melaksanakan aturan negara yang telah baku.

Kalau di Indonesia, mereka itu tidak mau mengikuti UUD 45 atau Undang-Undang Kenegaraan, mereka tidak mau, dan segala macam yang terkait dengan aturan negara, mereka tidak mau.

Bahkan mereka mau merubah aturan yang sudah ada untuk disesuaikan dengan kepentingan diri sendiri. Itulah namanya perilaku orang-orang liberal.

Transkrip video: Rizal Affandi

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.