Senin, 23 Mei 22

Polusi Batubara Tewaskan 23.000 Orang Per Tahun di Eropa

Polusi Batubara Tewaskan 23.000 Orang Per Tahun di Eropa
* Reaktor di Polandia menyebabkan kematian hampir 6.000 orang. orang setiap tahunnya. (BBC)

Eropa – Para pegiat lingkungan Eropa mengeluarkan kajian yang mengisyaratkan polusi udara dari pembangkit listrik tenaga batu bara menyebabkan 23.000 kematian dini setiap tahunnya di Eropa.

Para peneliiti mengatakan biaya sistem perawatan kesehatan Eropa sama dengan US$67 miliar atau Rp883 triliiun.

Laporan berjudul Europe’s Dark Cloud tersebut menyatakan pembangkit di Polandia adalah yang paling banyak menyebabkan polusi.

Reaktor di negara itu dipandang menyebabkan kematian hampir enam ribu orang setiap tahunnya, sebagian besar di negara-negara tetangganya.

Kajian oleh berbagai kelompok termasuk WWF dan Health and Environment Alliance tersebut berdasarkan data emisi tahun 2013 yang diambil dari sebagian besar dari 280 pembangkit listrik tenaga batu bara di Eropa.

Selain kematian, laporan ini juga menyatakan polusi batu bara menyebabkan hampir 12.000 kasus baru bronkitis kronis dan lebih 500.000 serangan asma diantara anak-anak di Uni Eropa pada tahun 2013.

Dari 83% kematian, sekitar 19.000 disebabkan menghirup partikel kurang dari 2,5 mikrometer garis tengahnya, yang dapat masuk ke dalam paru-paru dan aliran darah. (BBC)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.